Nasional
Senin 01 Agustus 2022 13:26
Presiden PKS Ahmad Syaikhu diterima komisioner KPU. (FOTO: Dok-TwitterPKS)
\"Share

BANTENEXPRES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran peserta pemilu 2024 bagi partai politik (parpol) hari ini, Senin (01/08).

Komisioner KPU August Mellaz mengungkap sejauh ini terdapat 10 parpol yang bakal mendaftar hari ini.

"Data sementara yang konfirmasi ke KPU, untuk 1 Agustus 2022 terdapat 10 partai politik," ungkap August pada wartawan, Minggu (31/07).

Sepuluh partai itu adalah PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, PKS, Nasdem, PRIMA, Perindo, PBB, PPP, dan Partai Gelora.

Menurutnya, sampai saat ini KPU sudah menerima pernyataan 18 parpol yang bakal mendaftarkan diri.

"Sisanya surat pendaftaran untuk tanggal setelah 1 Agustus 2022," ujar dia.

Berdasarkan PKPU, tahapan pemilu dimulai pada 1 Agustus 2022 dengan pendaftaran partai peserta pemilu Pendaftaran dibuka sampai 14 Agustus.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual pada partai politik pendaftar.

Sebagai informasi, KPU memastikan sembilan partai politik yang lolos parlemen tak perlu mengikuti verifikasi faktual sebagai tahapan peserta Pemilu 2024.

Sembilan partai itu adalah PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, dan PPP.

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos menyebut verifikasi faktual hanya diperuntukkan bagi parpol baru dan partai peserta Pemilu 2019 yang tidak lolos ke Senayan.

Verifikasi partai politik untuk menjadi peserta pemilu akan berlangsung hingga Desember 2022.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu seusai melakukan pendaftaran ke KPU mengatakan, hadirnya PKS pada hari pertama pendaftaran adalah salah satu bentuk ikthiar dan komitmen PKS untuk siap berkompetisi secara sehat dan fairplay pada Pemilu 2024.

"Struktur, anggota dan simpatisan PKS akan mengerahkan segenap potensi terbaik untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat Indonesia pada Pemilu 2024," kata dia dilihat BantenExpres di akun Twitter resmi PKS.

"Semoga pendaftaran ini dapat menjadi sarana fastabiqul khairat, agar PKS dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih luas bagi rakyat Indonesia. Aamiin," ujar Ahmad Syaikhu.

(GUNG/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek