Kesehatan
Rabu 01 Juni 2022 21:07
Ilustrasi - Merokok dapat menyebabkan kanker hingga kematian. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Selamat Hari Tembakau Sedunia! Hari ini, Rabu (01/06) diperingati sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya merokok atau kebiasaan menggunakan produk tembakau lainnya.

Bukan rahasia lagi, kebiasaan merokok memicu banyak masalah kesehatan yang bersifat kronis. Mulai dari masalah pada paru-paru hingga penyakit jantung dan kanker yang mematikan.

Bahaya ini terus diingatkan, mengingat angka perokok aktif yang terus bertambah. Di Indonesia, angka perokok pada usia dewasa bertambah sebanyak 8,8 juta orang selama 10 tahun terakhir.

Tak cuma mengganggu paru-paru dan jantung, rokok juga bisa menimbulkan masalah pada bagian tubuh lainnya. Berikut di antaranya, melansir WebMD.

1. Sendi
Suka merasa nyeri pada persendian? Jika iya, bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan merokok.

Seorang perokok disebut lebih berisiko mengalami rheumatoid arthritis. Nama terakhir merupakan peradangan jangka panjang pada sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel sehat.

Celakanya lagi, obat yang biasa digunakan untuk mengatasi rheumatoid arthritis tidak berfungsi dengan baik pada orang yang merokok. Hingga kini para ilmuwan belum mengetahui pasti penyebabnya.

2. Kulit
Merokok membuat penuaan berlangsung lebih cepat. Jangan heran jika kulit sudah berkeriput meski belum waktunya.

Merokok diketahui mempercepat proses penuaan kulit. Merokok membuat kulit seseorang yang berusia 40 tahun terlihat seperti orang berusia 70 tahun.

Kerusakan ini tidak dapat diperbaiki dan dapat memperburuk berbagai masalah kulit. Termasuk salah satunya memicu kanker kulit.

3. Mata
Merokok membuat seseorang dua kali lebih mungkin mengalami degenerasi makula. Nama terakhir merupakan kondisi mata gangguan penglihatan yang umum terjadi pada kelompok lanjut usia (lansia).

Kondisi ini membuat penglihatan utama terganggu dan membuat seseorang kesulitan untuk membaca, menulis, hingga memandang wajah orang lain.

Selain itu, merokok juga membuat seseorang tiga kali lebih mungkin terkena katarak. Kondisi ini membuat penglihatan menjadi kabur.

4. Organ seksual
Perokok pria disebut lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi (DE). Semakin sering Anda merokok, semakin parah DE yang akan dialami.

Perokok pria juga lebih mungkin terkena kanker testis. Sementara perokok perempuan berisiko terkena kanker serviks.

5. Gusi
Merokok membuat gusi jadi mudah berdarah, terasa sakit saat mengunyah, hingga memicu bau mulut. Penyakit pada gusi juga menjadi faktor utama gigi yang rapuh. Perokok dua kali lebih mungkin mengalami penyakit pada gusi.

6. Otak
Perokok tiga kali lebih mungkin terkena stroke. Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti kelumpuhan wajah, penglihatan kabur, kesulitan berjalan, hingga kematian.

Seorang perokok juga lebih berisiko memiliki tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan aneurima serebral. Nama terakhir merupakan kondisi saat dinding pembuluh darah di otak menggelembung. Hal itu bisa menyebabkan bocor dan darah bisa mengalir ke jaringan di sekitarnya.

7. Sistem pencernaan
Tukak lambung, penyakit Crohn, polip usus besar, pankreatitis, dan kanker pankreas adalah beberapa penyakit pencernaan yang lebih mungkin dialami para perokok.

8. Paru-paru
Bukan rahasia lagi, merokok memberikan dampak yang besar terhadap paru-paru. Kanker paru-paru, misalnya, yang 90 persen di antaranya disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Selain itu, merokok juga bisa membuat seseorang berisiko terhadap penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). PPOK merupakan kelompok penyakit paru-paru yang menghalangi aliran udara dan membuat seseorang sulit bernapas.

9. Jantung
Sama seperti paru-paru, jantung juga menjadi salah satu organ tubuh yang paling terdampak dari kebiasaan merokok. Merokok menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Merokok membuat pembuluh darah mengeras dan menyempit. Kondisi ini bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Sumber: CNNIndonesia

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek