Ekonomi
Sabtu 01 Agustus 2020 21:07
ALTAR 89 menggelar Gerakan Ketahanan Pangan di tepian sungai Cisadane kawasan Banksasuci, Kota Tangerang, Sabtu (01/08). (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG - Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1989 mendukung ketahanan pangan nasional melalui Gerakan Ketahanan Pangan Altar 89. Altar 89 –nama alumni Akbari Tahun 1989– menggelar acara ini di tepian sungai Cisadane, kawasan Banksasuci, Penunggangan Barat, Cibodas, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (01/08).

Kekompakan TNI-Polri yang tergabung dalam Altar 89 ini ditunjukkan dengan kegiatan bareng penanaman palawija, penebaran benih ikan, dan bakti sosial. Kegiatan Altar89 ini bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat menghadapi adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi [Covid-19] dengan memanfaatkan lahan tidur seluas 11 hektare lebih.

Guna mendukung kegiatan ini, Altar89 melibatkan komunitas para aktivis lingkungan hidup dari Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane), Forkopimda Kota Tangerang, BNI, serta aparat TNI-Polri setempat.

BACA JUGA: 'Pulau' di Kota Tangerang Ini Disulap Menjadi Lokasi Ketahanan Pangan

Pada kesempatan ini, juga dihelat penyerahan alat bantuan pertanian, pembukaan selubung monumen Akabri 89, penyerahan 2.000 paket bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19, penebaran benih nila dan patin di keramba, penebaran benih lele di kolam, dan penanaman palawija.

Inisiator Gerakan Ketahanan Pangan yang juga Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto, menegaskan bahwa TNI-Polri harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Saya ingin menekankan bahwa TNI-Polri harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Jangan dilihat beda warna baju, jangan lihat beda warna kulit,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto dalam sambutanya.

“Kalau boleh saya mengutip kalimat bijak dari Bapak Kapolri ‘Kita boleh berasal dan datang dari planet mana saja, namun kita harus bersatu dan merapatkan barisan untuk NKRI. Setiap kesulitan selalu ada jalan”,” cetus dia.

BACA JUGA: Penegak Hukum Diminta Tindak Tegas Pengemplang Uang PKH

Selaku Kaopspus Aman Nusa II, Kabaharkam Polri mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia acara, rekan-rekan Altar 89, dan jajaran TNI-Polri yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan baksos dan ketahanan pangan tersebut.

“Semoga kegiatan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tambah Komjen Pol Agus Andrianto.

Hadir pada gerakan ketahanan pangan ini, Ketua Altar 89 Mayjen TNI Rudianto, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Tri Budi Utomo, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf. Bambang Hery Tugiyono, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Sugeng Hariyanto.

Kemudian, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Kapolsek Jatiuwung Aditya Sembiring, Camat Cibodas Mahdiar, Direktur Banksasuci Ade Yunus, Ketua Yayasan Banksasuci Uyus Setiya Bhakti dan masyarakat Panunggangan Barat Cibodas. (ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek