Ekonomi
Kamis 25 Januari 2024 09:16
Rano Alfath, Anggota Komisi III DPR-RI Fraksi PKB berfoto usai silaturahmi dengan warga. (FOTO: BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Anggota Komisi III DPR-RI, Rano Alfath mengatakan RT dan RW adalah ujung tombak masyarakat. Maka sangat penting keberadaan RT RW ini diberikan tunjangan atau insentif yang laik.

Oleh sebab itu, wakil rakyat asal dapil Banten III ini akan terus mendorong dan minta agar pemerintah daerah benar-benar memperhatikan kesejahteraan mereka. Tidak sekedar jadi alat pelengkap aparatur saja.

Hal tersebut disampaikan Rano Alfath pada acara silaturahmi dengan Ketua-ketua RT RW yang turut dihadiri ratusan warga, di Perumnas Tangerang, Rabu (24/01) malam.

"Kita sudah sampaikan kepada Pj Wali Kota Pj Bupati di Tangerang dan perangkat lainnya, kita berharap nanti insentif atau honor RT RW itu harus diperjuangkan ada kenaikan," ujar Rano kepada BantenExpres usai acara.

Karena, lanjut dia, RT RW adalah ujung tombak ditengah-tengah masyarakat dan memiliki tanggungjawab yang besar. Semua laporan apapun bentuknya akan masuk dulu ke Ketua RT dan RW.

Menurutnya lagi, kalau RT RW diberikan penghargaan insentif yang lebih laik, maka hal tersebut dapat menunjang kinerja RT RW dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat kedepan.

"Artinya apapun itu kebijakan daerah biasanya nanti turunya ke RT RW. Makanya kita dorong bahkan kita ingin adanya forum RT RW se-Banten," ucap politisi PKB ini.

Lebih jauh, Rano juga mengatakan, postur APBD di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel) sangat lumayan besar.

"APBD Kabupaten Tangerang saja kalau gak salah saat ini lebih dari Rp.7 triliun, dengan ditunjang oleh infrastuktur yang luar biasa, maka tinggal bagaimana meningkatkan SDM," kata dia.

"Nah meningkatkan SDM itu salah satu ujung tombaknya adalah kawan-kawan RT RW ini," sambung Rano menekankan.

Oleh karena itu, ia akan terus memperjuangkan kesejahteraan RT RW, termasuk guru ngaji, guru honorer, guru-guru Paud yang sudah seharusnya diperhatikan serius oleh pemerintah.

"Saat ini saya bukan lagi mencari suara, tapi bagaimana saya bisa bermanfaat untuk masyarakat. Maka kedepan keberadaan wakil rakyat itu ya harus benar-benar turun ke bawah, menyerap aspirasi rakyat dan mengeksekusinya bukan lagi memberikan janji," tutup Rano Alfath.

(ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek