Ekonomi
Selasa 30 Maret 2021 07:24
Camat Periuk Kota Tangerang Maryono Hasan. (FOTO: IST)
\"Share

BANTENEXPRES - Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyusun program penanganan banjir di Kecamatan Periuk yang kerap melanda saat musim penghujan tiba.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Dinas PUPR sudah melakukan komunikasi dengan BPPT soal program pengendalian banjir itu.

"Harapannya, pada pekan ini atau pekan depan sudah ada MoU dengan BPPT sehingga bisa segera mungkin dilakukan langkah penyusunan program penanganan banjir," ujar Walikota beberapa waktu lalu.

Walikota menambahkan, program untuk mengatasi banjir Periuk adalah pembuatan sumur injeksi skala besar. "Ada dua yang disarankan BPPT dan kita akan bahas teknis ke depannya," kata dia.

Selain itu, dalam mengatasi banjir di Kecamatan Periuk Wali Kota juga mengaku telah dilakukan upaya seperti pembuatan turap, penyedotan menggunakan pompa, pengerukan sungai yang jadi kewenangan Kota dan lain sebagainya.

"Karena kadang kondisi cuaca memang ekstrem dan tergolong banjir lima tahunan, maka kita harus susun penataan dalam jangka panjang agar banjir bisa teratasi," terang Walikota.

Diketahui setiap musim penghujan tiba, Kecamatan Periuk kerap dilanda banjir. Lokasi ini memang merupakan daerah rawan banjir.

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya melakukan antisipasi dan pencegahan. Agar banjir bisa di minimalisir dan masyarakat tidak terus terdampak.

Pemkot Tangerang juga telah menyiagakan rumah-rumah pompa serta melakukan perbaikan turap. Petugas jaga pun sudah disiagakan dalam mengantisipasi terjadinya banjir secara mendadak.

"Kita sudah siapkan penanganan banjir beberapa waktu ini. Meski di masa pandemi, tetapi upaya mengatasi banjir tetap kita lakukan dengan proses pengerukan lumpur di sungai dan kali," tambah Wakil Walikota Sachrudin.

Sementara itu, Camat Periuk Maryono Hasan menuturkan wilayah yang rawan terjadinya banjir dan genangan terus dibenahi secara berkala dan berkelanjutan.

"Kegiatan dilakukan oleh petugas dan dibantu oleh masyarakat juga organ elemen lainya. Kecamatan juga terus membantu warga terdampak Covid-19 melalui bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun kota," kata Maryono. (ADV)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek