Ekonomi
Minggu 02 Februari 2020 20:07
Pecinta lingkungan hidup dari Banksasuci susuri sungai Ciujung, Ahad (02/02). (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Komunitas Bank Sampah Sungai Ciujung [Banksasuci] melakukan susur sungai Ciujung dalam rangka persiapan konservasi guna menjaga ekosistem sungai tersebut, bersama sejumlah komunitas pecinta lingkungan hidup di Banten, Ahad (02/02).

"Bencana alam saat ini terjadi. Kami khawatir jika tepi sungai Ciujung dan aliran airnya tidak dijaga, akan terjadi bencana lebih besar yang tentu tidak kita inginkan bersama," kata Rochman Setiawan, salah satu inisiator Banksasuci-2.

Ia menyebut,  bahwa limbah Ciujung bersumber dari limbah domestik, oleh karenanya kedepan pihaknya akan segera mendirikan bank sampah di tepi Sungai Ciujung.

"Bank sampah merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat di sekitar Ciujung, agar tidak lagi membuang sampah ke sungai," ujarnya.

BACA JUGA: Pengembangan Kawasan Arboretum Hadir di Kota Tangerang

Selain mendirikan bank sampah dan konservasi, pihaknya juga akan melakukan dan penghijauan di sepanjang sungai terbesar di Banten ini.

"Mudah-mudahan segera kita akan buat taman konservasi Ciujung, sebagai pusat sisata edukasi dan taman arboretum," jelas dia.

Baginya, menjaga ekosistem sungai Ciujung bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk stakeholders.

"Untuk membantu pengawasan limbah, kami akan membentuk Ciujung ranger patrol, yang bertugas melakukan patroli limbah sungai Ciujung. Kita akan laporkan jika ada perusahaan-perusahaan yang nakal buang limbang di sungai, " janji Rochman. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek