Ekonomi
Selasa 29 Oktober 2019 11:09
Ade Yunus dalam kesempatan bersama Walikota Tangerang. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG - Berdasarkan laporan keuangan PT TNG Tahun Buku 2018 diketahui bahwa posisi modal pada tanggal per 31 Desember 2018 terdapat akumulasi rugi sebesar Rp2,6 miliar.

Akibat dari kerugian tersebut, kemudian Walikota Tangerang mencopot Direktur Utama PT TNG, Nanang Hernawan yang kemudian digantikan posisinya Oleh Edi Chandra pada Agustus 2019 lalu.

Sementara itu, aktivis Ade Yunus dari Janur Indonesia melihat apa yang terjadi dengan kondisi [BUMD] TNG merupakan kondisi bisnis biasa, yang membedakan adalah penyertaan modal PT TNG bersumber dari APBD Kota Tangerang yang notabenenya merupakan uang rakyat.

"Begitu terbentuk, kami menaruh harapan besar pada TNG selaku holding company,  karena tujuan utamanya adalah dapat menggali penambahan potensi PAD dari sektor yang diduga sering bocor bahkan sektor yang belum tersentuh," ujar Ade dalam keterangan tertulsinya kepada BantenExpres, Selasa (29/10).

Dia menilai bahwa keberadaan PT TNG harusnya sudah dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. "Kan TNG memiliki motto “Kami ada untuk anda". Dan kebermanfaatannya harus dirasakan oleh masyarakat," cetusnya.

BACA JUGA: Walikota Tangerang Didesak Buka dan Copot Pejabat yang Gunakan Joki

Menanggapi pergantian Direksi PT TNG  yang baru, ia meminta semua pihak memberi kesempatan untuk bekerja. Namun, apabila belum ada perbaikan signifikan harus segera dilakukan evaluasi.

"Sehari Setelah pelantikan kan pak Edi (Dirut TNG) bilang ke media akan memperbaiki sistem bahkan akan lebih transparan, kemudian akan membenahi SDM yang lebih handal,” ujarnya.

"TNG dibentuk untuk meningkatkan potensi PAD Kota Tangerang. Tapi kalau tiap tahun hanya membebani APBD dengan terus merugi, yah bubarkan saja, mubazir anggarannya mending buat modalin UMKM saja," demikian Ade mengakhiri.

Sebagai informasi PT Tangerang Nusantara Global alias TNG dibentuk pada tanggal 27 Desember 2016 berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 10 Tahun 2016.

Pada tahun 2018 PT TNG diberikan penyertaan modal sebesar Rp.5 miliar berupa uang tunai berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018 Tanggal 30 Januari, tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek