Ekonomi
Senin 15 Juni 2020 09:21
Bupati Tangerang Zaki Iskandar. (FOTO: Dok-BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengatur waktu kerja bagi karyawan di wilayah Jabodetabek untuk mempersiapkan diri menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru alias New Normal.

SE Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengaturan Jam Kerja Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Wilayah Jabodetabek, ditandatangani Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo 14 Juni kemarin.

Aturan shift kerja yang dibuat pemerintah terbagi dalam dua waktu. Shift pertama masuk antara pukul 07.00-07.30 WIB dan pulang antara pukul 15.00-15.30 WIB. Shift kedua masuk antara pukul 10.00-10.30 WIB dan pulang pukul 18.00-18.30 WIB.

BACA JUGA: Kembali, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang

Selain itu, surat edaran mengatur jumlah karyawan yang bekerja secara shift, dibagi secara proporsional mendekati perbandingan 50:50 untuk setiap shift.

"Di dalam SE tersebut akan dibagi menjadi 2 tahapan awal mulai kerja dan tentunya akan berimplikasi pada akhir jam kerja. Kita berharap seluruh institusi yang mempekerjakan ASN, BUMN maupun swasta akan menggunakan 2 tahapan," jelas Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers, Ahad (14/06), menyebut SE ini keluar berdasarkan pengalaman jam sibuk di moda transportasi umum.

BACA JUGA: Pendukung Jokowi asal Banten: Penerapan New Normal Ambyar

Terpisah, Bupati Tangerang Zaki Iskandar mendukung keputusan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat mengeluarkan surat edaran (SE) terkait jam kerja menjadi 2 gelombang di era kenormalan baru.

Ia menyebut Pemkab Tangerang akan segera menindaklanjuti Surat Edaran tersebut dengan mengeluarkan SE Bupati.

"Ya pasti turut mendukung keputusan pusat," ucap Bupati Zaki kepada wartawan di Tangerang, Ahad (14/06).

Zaki menambahkan Surat Edaran (SE) Bupati Tangerang akan diterbitkan setelah SE Gubernur Banten dikeluarkan. Menurutnya, SE Gubernur Banten yang mengatur jam kerja akan segera dikeluarkan.

"Tunggu SE Gubernur Banten. Segera akan keluar," kata Politisi Golkar ini. (GUNG/EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek