Politik
Sabtu 25 Juni 2022 19:27
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Ahmad Syailendra. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Sebagai salah satu upaya mencerdaskan pemilih tentang pendidikan politik dan demokrasi, KPU Kota Tangerang meluncurkan Kampung Demokrasi yang berlokasi di Kelurahan Larangan Utara, Keecamatan Larangan, Kota Tangerang, Sabtu (25/06).

Hadir dalam peluncuran Kampung Demokrasi tersebut Bawaslu Kota Tangerang, TNI/POLRI, Pejabat daeah setempat, serta unsur akademisi dan beberapa pereakilan dari KPU Kabupaten/Kota lain di Banten.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, Kampung Demokrasi ini akan menjadi lokasi percontohan untuk tempat-tempat lainnya, yang nantinya akan diberikan pendidikan politik termasuk pemahaman tentang demokrasi dan tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan serentak pada 2024 mendatang.

"Kami berharap dengan adanya Kampung Demokrasi ini, masyarakat bisa menerima informasi dan pendidikan kaitan pendidikan politik termasuk tahapan Pemilu ataupun Pemilukada," kata Syailendra dalam keterangan tertulisnya.

Sehingga, lanjut dia, pemilih di Kota Tangerang menjadi pemilih yang berkualitas dan pemilih yang paham tentang esensi demokrasi itu sendiri.

Menurutnya, adanya Kampung Demokrasi ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat sekitar, khususnya di wilayah kelurahan Larangan utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Lurah Larangan Utara, Iwan Bambang Subekti mengatakan mendukung diresmikannya salah satu wilayahnya menjadi kampung demokrasi.

Terlebih, kata Iwan, nanti ada petugas dari KPU yang memberikan langsung penjelasan tentang tahapan kepemiluan yang dalam hal ini Pemilu serentak 2024 nanti.

"Kami sangat antusias serta mendukung penuh, karena dengan diresmikannya atau diluncurkannya salah satu kampung di wilayah kami menjadi Kampung Demokrasi, membuat masyarakat kami menjadi paham dan melek tetang pengetahuan seputar demokrasi dan kepemiluan," tuturnya.

Sekedar informasi, didalam Kampung demokrasi tersebut terdapat sejumlah spot, antara lain, zona anti politik uang, zona anti hoax serta zona aspirasi. Dan sejumlah kalimat ajakan berpartisipasi bagi masyarakat dalam Pemilu.

(GUNG/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek