Olahraga
Kamis 16 Mei 2019 14:39
Atelit-atelit Olahraga Tradisional (Dispora Kota Tangerang) seusai mengikuti turnamen di Banten. (FOTO: Istimewa)
\"Share

BANTENEXPRES - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang terus berupaya melestarikan olahraga tradisional, yang hampir punah karena masyarakat lebih mengenal olahraga prestasi yang biasa diselenggarakan di daerah maupun tingkat nasional.

"Melalui invetasi olahraga tradisional ini, kami ingin mencoba membangun kembali kesadaran masyarakat untuk mengenal olahraga tradisional sebagai warisan budaya dan kearifan lokal," jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Dedi Suhada dalam keterangannya di Tangerang.

Dedi mengatakan, banyak masyarakat atau generasi muda yang tidak tahu atau tidak mengenal olahraga tradisional tersebut. Padahal kalau dilakukan atau dimainkan, olahraga tersebut selain bisa menyehatkan juga bisa menyenangkan karena ada unsur hiburannya dari olahraga tersebut.

"Untuk memasyarakatkan kembali olahraga tersebut, kita sudah punya wadahnya yakni Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Dan hasil inventarisir itu ada puluhan jenis olahraga tradisional," kata dia.

Seiring berjalanya waktu, kata dia, invitasi olahraga tradisional ini sekarang dipertandingkan di event-event besar. Adapun jenis olahraga tradisional (cabang olahraga) yang dipertandingkan yakni gobak sodor, enggrang, hadang, dagongan dan terumpah panjang.

"Selama ini kalau olahraga prestasi yang biasa dipertandingkan, masyarakat sudah banyak yang dikenal dan bisa dimainkan. Olahraga tradisional ini yang masyarakat banyak tidak tahu. Jadi mesti kita lestarikan," kata Dedi.

Oleh karena itu, lanjut Dedi, kegiatan invetasi olahraga tradisional ini merupakan sarana sosialiasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kota Tangerang.

"Kami juga memberikan penghargaan dan uang pembinaan bagi mereka [atelit] yang juara," kata Dedi.

Diketahui, Dispora Kota Tangerang pada pekan kemarin ikut menurunkan atelit-atelit olahraga tradisional ke Provinsi Banten, dan berhasil menggondol puluhan medali. Para peserta [atelit] mulai dari tingkat pelajar dan umum dibawah naungan FORMI. (ADV) 

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek