Politik
Jumat 24 Juni 2022 14:07
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Tangerang Baihaki. (FOTO: Dok-Istimewa)
\"Share

BANTENEXPRES - Tahapan Pemilu 2024 bergulir. Sebagai langkah awal, KPU termasuk KPU Kota Tangerang selaku penyelenggara di daerah bakal melakukan pemutakhiran data pemilih.

Terkait hal ini, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Tangerang Baihaki berharap agar terjadi sinkronisasi data pemilih.

"Jangan malah sampai ada temuan saat dilakukan uji petik," kata Baihaki kepada awak media baru-baru ini.

Dikatakannya, data-data bermasalah seperti data ganda  pada DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) maupun Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus sebisa mungkin ditekan.

Untuk itu diperlukan transparansi atau keterbukaan dari pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Kota Tangerang. "Harus ada saling terbuka," kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tangerang ini.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menyatakan, pihaknya mengaku tengah melakukan pemutakhiran data sejak 2019 lalu.

“Daftar pemuktahiran data berkelanjutan sampai saat ini kalau tidak salah dapat update 1.170.000 sekian itu up date terus,” ungkap Syailendra belum lama ini.

Pada kesempatan lain Syailendra juga menyampaikan, tahapan Pemilu 2024 akan dimulai dari tanggal 29 Juli hingga 13 Desember 2022 sebagai pendaftaran dan verifikasi partai peserta Pemilu.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2022 tentang Pemilu 2024 yang telah diterbitkan oleh pemerintah.

"Agustus pendaftaran partai politik. Lalu Penetapan partai politik di Desember (2022)," kata Syilendra pada diskusi Fraksi Teras, Selasa (21/06) kemarin.

(ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek