Pendidikan
Jumat 11 Juni 2021 08:12
Saeroji Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

TANGERANG - Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji mengkritisi jumlah SMP Negeri yang jauh lebih sedikit dari pada SD Negeri di Kota Tangerang.

Dilansir dari dapo.kemdikbud.go.id, ada 36 SMP Negeri yang tersebar di 13 kecamatan di kota itu. Sedangkan, terdapat 339 SD Negeri yang tersebar di Kota Tangerang.

Dari angka tersebut, jumlah SMP Negeri di Kota Tangerang hanya ada sekitar 10.61 persen dari jumlah SD yang ada.

"SMP itu belum mencukupi dengan jumlah siswa SD yang keluaran tahun ini. Tiap tahun juga kan. Bahkan, SMP Negeri itu baru bisa menampung 30 persen dari jumlah siswa yang keluar dari SD," papar Saeroji dihubungi pewarta, Kamis (10/06).

Permasalahan kedua, kata politisi PKS ini, terlalu banyak SMP Negeri di Kota Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Tangerang.

Sedangkan jumlah SMP Negeri di kecamatan lain jauh lebih sedikit. Banyak pertumbuhan penduduk atau jumlah siswa yang memasuki jenjang SMP dan bukan warga Kecamatan Tangerang, menurut dia.

Masalah itu bakal memengaruhi proses jalur zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 yang dalam waktu dekat dilaksanakan.

"Dengan sistem zonasi pasti banyak yang bermasalah. Tahun kemarin sudah banyak bermasalah. Ada daerah yang tidak masuk ke zonasi," ucap Ketua Fraksi PKS ini.

"Jangan sampai seorang anak yang dekat dengan sekolah negeri dengan bebas dia tidak bayar apa-apa, padahal dari segi ekonomi, dia lebih dari pada siswa yang miskin yang memang jauh dari zonasi," cetus dia.

Oleh karena itu, Komisi II DPRD Kota Tangerang meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membangun SMP Negeri di daerah yang memiliki pertumbuhan masyarakat tinggi.

Menurut Saeroji, Pemkot Tangerang wajib melakukan kajian terlebih dahulu sebelum membangun SMP Negeri.

"Paling tidak, ada hak yang sama dari seorang siswa (untuk) mendapat pendidikan dari sekolah yang dikelola pemerintah di sekolah negeri di tiap wilayah," demikian Saeroji. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek