Hukum_Kriminal
Kamis 31 Desember 2020 21:34
Komjen Pol Boy Rafli Amar. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Nama Komjen Pol Boy Rafli Amar dikabarkan bakal diajukan sebagai calon Kapolri. Namun, belum diketahui secara persis terkait surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR mencantumkan nama kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini.

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh mengatakan, penentuan nama calon Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden. Berdasarkan ketentuan perundang-undangan, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) hanya sebatas mengusulkan.

“Baik usulan administrasi atau teknis, semua terserah kepada Presiden sebagai user. Siapapun yang ditunjuk Presiden itu haknya,” kata Pangeran di Jakarta seperti dilansir laman BeritaSatu, Kamis (31/12).

Pangeran menyebut, Presiden belum bersurat kepada DPR mengenai nama yang diusulkan sebagai calon kapolri. Presiden diharapkan dapat memperhatikan rekomendasi Wanjakti. Sebab, Wanjakti yang mengetahui kondisi di internal Korps Bhayangkara.

Demikian halnya juga dengan Kompolnas yang memahami kondisi sosial masyarakat terkait institusi kepolisian. Pangeran berharap sosok yang dipilih Presiden, benar-benar calon terbaik dan sanggup meneruskan hal-hal baik oleh kapolri sebelumnya.

Selain itu juga memperbaiki hal-hal yang menjadi kekurangan. “Sehingga kinerja Polri semakin baik ke depannya dan selalu mendapat kepercayaan oleh publik,” kata politisi PAN ini.

Sebagai informasi, Boy Rafli Amar lama sebagai Kadiv Humas Polri, kemudian menjadi Kapolda Banten selanjutnya Kapolda Papua sebelum akhirnya jenderal bintang tiga tersebut diangkat sebagai Kepala BNPT, saat ini.

Selain nama Boy Rafli, mantan Kapolda Banten lainnya Komjen Pol Sigit Listiyo Prabowo juga berpeluang kuat untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Aziz. Sigit yang sekarang Kabareskrim Polri disebut pengamat berpotensi menjadi orang nomor satu di Korp Bhayangkara.

Setelah Komjen Boy Rafli dan Sigit Listiyo, eks pejabat di kepolisian Banten lainnya yang juga berpeluang menjadi Kapolri adalah Komjen Pol Firli Bahuri (Ketua KPK). Tapi Firli pernah bertugas ditanah jawara Banten ini sebagai Wakapolda.

Dan nama terakhir mantan perwira tinggi polisi di Banten yang juga disebut berpeluang sebelumnya yakni, Ahmad Dofiri yang sekarang menjabat Kapolda Jawa Barat, tapi Dofiri masih menyandang jenderal bintang dua alias Irjen. (ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek