Hukum_Kriminal
Sabtu 28 September 2019 01:28
Sejumlah awak media dari FORWAT menggelar aksi di Mapolres Metro Tangerang Kota. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Tangerang [FORWAT] menggelar aksi damai di Mapolres Metro Tangerang Kota, Jalan Da'an Mogot Kota Tangerang, Jumat (2/09) sore.

Para awak media ini mengecam segala aksi kekerasan terhadap wartawan saat melaksanakan tugas jurnalistik, dan menyampaikan aspirasi menolak Rancangan Undang-undang (RUU) yang mengancam kebebasan pers.

Ketua Forum Wartawan Tangeran Andy Lala, mengatakan aksi solidaritas ini untuk menyampaikan turut prihatin kepada para pewarta [jurnalis] di sejumlah kota yang mendapatkan perlakuan kekerasan dari aparat.

"Kami Forwat ikut prihatin dengan adanya tindakan kekerasan terhadap wartawan. Kami berharap di Kota Tangerang khususnya dan daerah lainnya tidak terjadi seperti itu," cetus Andy saat menyampaikan orasinya.

Pihaknya juga menyampaikan, tugas wartawan cukup berat untuk mengedepankan kepentingan publik, sehingga tugasnya dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang salah satunya mengatur kebebasan pers dan perlindungan bagi wartawan.

Ia berharap, kejadian kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di luar daerah saat meliput demonstrasi mahasiswa tentang penolakan RUU tidak terjadi lagi di Indonesia, khususnya di Kota Tangerang.

"Kami harap kekerasan yang dialami wartawan itu tidak terjadi lagi. Dan kami juga ingatkan kepada seluruh pihak bahwa kami dalam melaksanakan tugas dilindungi undang-undang," tegas dia lagi.

Para awak media ini dalam menggelar aksinya juga membawa berbagai tulisan/poster yang berisi kecaman terhadap kekerasan terhadap wartawan. seperti poster dengan tagar #SaveJournalist.

Diketahui, sejumlah jurnalis mendapat intimidasi kekerasan oleh oknum aparat saat meliput rangkaian aksi demonstrasi mahasiswa dan pelajar di sekitar Gedung DPR Jakarta, Selasa (24/09) dan Rabu (25/09). Tak hanya itu, terdapat sejumlah jurnalis yang dirampas alat kerjanya oleh pihak kepolisian. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek