Hukum_Kriminal
Minggu 26 November 2023 21:37
Ahmad Nawawi, Ketua Umum Generasi Muda Mathla'ul Anwar (GEMA MA). (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Generasi Muda Mathla'ul Anwar (GEMA MA) melalui ketua umumnya Ahmad Nawawi mengecam keras aksi provokasi kelompok tertenu terhadap aksi damai bela Palestina yang dilakukan di Kota Bitung Sulawesi Utara, pada Sabtu (25/11).

"Secara pribadi dan organisasi kami mengecam dan menyesalkan tindakan provokasi melarang dan menyerang aksi damai bela Palestina di Kota Bitung kemarin. Apalagi sampai jatuh korban meninggal dunia," kata Nawawi dalam keterangan kepada BantenExpres, Ahad (26/11).

Sebagaimana diketahui, bahwa penderitaan rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat adalah menjadi isu keprihatinan masyarakat seluruh dunia, termasuk di Indonesia dari latar belakang suku, budaya dan agama apapun mengecam kebiadan zionis Israel.

"Jadi sangat wajar masyarakat di Kota Bitung pun melakukan aksi solidaritas," lanjut Nawawi menekankan.

Pembukaan UUD 45 sudah jelas mengamanatkan bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan karena bertentangan dengan prikemanusiaan dan prikeadilan, dan sesuai pembukaan konstitusi tersebut, pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi sangat gigih bersuara lantang mengecam tindakan Israel.

"Lalu kenapa juga masih ada bagian masyarakat Indonesia yang masih harus membela Israel? Apakah ketidakadaan informasi atau memang ada motif lain yang sengaja dibuat agar kondisi negara tidak kondusif," tuturnya.

Maka, menurutnya negara melalui aparat hukum harus segera merespon dan menegakan hukum terhadap siapapun aktor intelektual dan provokator penyerangan tersebut.

"Agar konflik tidak meluas, kami meminta aparat penegak hukum mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang terbukti melanggar hukum, juga meminta kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat memberikan pemahaman yang utuh terkait konflik Palestine Israel," bebernya.

"Dan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menahan diri untuk tidak melakukan tindakan main hukum sendiri," tegas Nawawi.

Diketahui viral video bentrok massa pendukung Palestina dan Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023. Aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Bitung berlangsung ricuh, saat diduga disusupi oknum pro Israel.

Saat massa menyuarakan pro Palestina, ormas Adat Manguni diduga melakukan penyerangan ke arah massa pro Palestina. Mereka membawa bendera Israel dan diduga melakukan penganiayaan pada peserta aksi serta pengrusakan sejumlah fasilitas milik massa aksi.

(MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek