Politik
Selasa 13 Agustus 2019 07:18
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyedot masyarakat Banten pada Pemilu 2019 kemarin. (BantenExpres | Azie Stianegara))
\"Share

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menetapkan 85 anggota DPRD Provinsi Banten terpilih untuk masa bhakti 2019-204 hasil Pemilu April kemarin.

Penetapan dilakukan setelah KPU menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Banten pemilu 2019 di salah satu hotel, Cilegon, Senin (12/08).

Diketahui dari 85 kursi tersebut, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak yakni 16 kursi, disusul PDI Perjuangan 13 kursi dan Partai Keadilan Sejahtera serta Partai Golkar yang sama-sama memperoleh 11 kursi di DPRD Banten.

Kemudian partai Demokrat yang mendapatkan 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN mendapatkan 6 kursi. Selanjutnya PPP memperoleh 5 kursi, Partai Nasdem 4 kursi, Hanura 1 kursi, PSI 1 kursi dan Partai Berkarya mendapatkan 1 kursi.

BACA JUGA: Gerindra Usung Istri Sandiaga Uno di Tangsel

Sedangkan empat (4) partai politik dari 16 partai peserta pemilu 2019 yang tidak memperoleh kursi di DPRD Banten yakni Partai Garuda, PBB, PKPI dan Partai Perindo.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqan mengatakan, penetapan dilakukan setelah perselisihan hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai dibacakan. Sebab, ada 8 peserta pemilu yang mengajukan permohonan dan hasil putusan semua permohonan ditolak.

"Alhamdulillah penetapan ini sudah clear. MK sudah memutuskan perselisihan dari Banten dan semuanya sudah di tolak," kata Wahyul kepada awak media. (JAY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek