Hukum_Kriminal
Rabu 26 Februari 2020 20:52
Jusuf Kalla melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia Provinsi Banten, Rabu (26/02). (FOTO: Istimewa)
\"Share

SERANG - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla melantik Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia Provinsi Banten periode 2019-2024, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug Kota Serang, Rabu (26/02).

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Banten, Kepala Kepolisian Daerah Banten, Ketua Umum MUI Provinsi Banten, Ketua PW DMI Provinsi Banten serta para ulama Banten.

Mantan Wakil Presiden era SBY dan Jokowi ini pun berpesan agar jajaran pengurus DMI Banten yang baru dilantik, bisa bekerja baik sehingga keberadaan Masjid bisa memberi kontribusi positif untuk kehidupan umat, bangsa dan negara.

Ia mengatakan masjid bukan hanya jadi tempat shalat. Masjid menurutnya harus punya fungsi pengembangan ekonomi bahkan bisa jadi tempat membangun kemakmuran masyarakat.

BACA JUGA: Kepala BNPT: Cadar dan Cingkrang Bukan Indikator Radikalisme

"Masjid punya fungsi bukan hanya tempat salat, bagaimana masjid memakmurkan masyarakat, punya fungsi kemasyarakat mengembangkan ekonomi sekitarnya," kata dia.

JK juga menyebut soal masjid bukan hanya jadi tempat dakwah. Tapi bagaimana bisa jadi tempat memakmurkan masyarakat sekitar. Namun, ia menyebut bahwa salah satu kekurangan yang ada di masyarakat Islam adalah karena faktor ekonomi.

Pada kesempatan ini JK menampik masjid jadi penyebar radikallisme. Tidak pernah selama ini masjid dijadikan tempat perencanaan teror-teror yang berakal dari radikalisme.

"Banyak yang mengatakan masjid banyak radikalisme. Saya bilang bedakan radikalisme dan amar ma'ruf nahi mungkar. Khatib itu berbicara amal ma'ruf nahi mungkar," ucap JK.

"Masjid mempunyai fungsi pendidikan, kesehatan, kemasyarakat, ekonomi," pungkas JK. (MUH/RHMT)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek