Pendidikan
Senin 07 Desember 2020 22:08
Pelatihan jurnalistik oleh Cordova bekerjasama dengan JMSI Banten. (FOTO: Dok JMSI)
\"Share

SERANG - Bekerjasama dengan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Banten, Cordova mengadakan pelatihan jurnalistik selama 3 hari dari tanggal 5-7 Desember, di Aula Coloni Lebah Cordova Penancangan, Kota Serang.

Budi Laksono, Instruktur Pelatihan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan penulisan jurnalistik dasar kepada mahasiswa yang ada di Banten.

"Untuk mengenalkan cara penulisan jurnalistik dasar. Memang dalam pelatihan ini teori hanya diberikan dasar-dasarnya saja, pokok pengertian jurnalistik teknik menulis hard news, soft news, pieces," terang Budi, Senin (07/12).

Menurut Budi, mereka juga harus memahami bahwa media penulisan punya beban moral, beban sosial maka mereka dikenalkan dengan kode etik jurnalistik supaya menghindari delik pers karena ketidak pahaman tentang delik pers.

"Alhamdulillah peserta dari 8 kabupaten Kota di Banten dengan jumlah peserta 15 orang yang awal, terkahir bertahan 8 peserta yang punya minat cukup tinggi,” papar Budi.

Dalam pelatihan ini peserta juga dilatih turun ke lapangan untuk mencari berita yang dibekali teori di kelas.

"Pelatihan ini tidak hanya di kelas, kita juga mengajak para peserta turun ke lapangan. Untuk tempat pelatihan diterminal Pakupatan Kota Serang," ucapnya.

"Kita lepas di terminal bebas mencari berita apa saja dengan panduan unsur-unsur berita yang diajarkan teori dikelas," ujar dia.

Budi pun memastikan para peserta yang mengikuti kegiatan sampai selesai sudah siap jadi jurnalis.

"Insyaallah adik-adik yang keluar dari pelatihan ini sudah siap untuk jadi jurnalis, tinggal intensitas saja dikembangkan," kata dia.

Diakhir Budi juga berterimakasih kepada kawan-kawan JMSI Selama 3 hari kegiatan sudah menjadi instruktur pada pelatihan jurnalistik dasar yang diselenggarakan Cordova.

Terpisah, Wahyu Hariyadi Ketua JMSI Provinsi Banten mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.

“Kami (JMSI Banten) sangat mengapresiasi pelatihan jurnalistik ini. Mudah-mudahan ilmunya dapat bermanfaat bagi para peserta," kata dia.

Wahyu juga menyampaikan bahwa JMSI merupakan organisasi perusahaan pers konsituen Dewan Pers.

“JMSI Merupakan organisasi perusahaan media yang berafiliasi dengan Dewan Pers. JMSI juga melakukan pendataan, pembinaan terhadap perusahaan media di Banten," ujarnya.

"Sekali lagi, kami (JMSI Banten) mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik,” demikian Wahyu Hariyadi. (MUH/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek