Ekonomi
Rabu 09 Oktober 2019 09:37
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

SERANG – Hari jadi alias Dirgahayu Kabupaten Serang yang Ke-439, Selasa (08/10) dihadiri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, ia berharap Kabupaten Serang memperkuat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi khususnya di wilayah perdesaan serta bidang pariwisata.

“Mengingat Kabupaten Serang terdiri dari 29 kecamatan dan 326 desa, dimana 77,9 persen desa di Kabupaten Serang termasuk kategori perdesaan dan 22,1 persen termasuk kategori perkotaan,” kata Andika saat membacakan Pidato Gubernur Banten dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang, di gedung DPRD Kabupaten Serang.

Menurut Andika, prioritas pembangunan pada wilayah perdesaan sejalan dengan agenda prioritas pembangunan (Nawacita) Pemerintah yang terdapat pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yaitu membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA: Gubernur Banten Ingin Tanam 1000 Hektare Pohon Jengkol

“Pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan perlu ditingkatkan melalui upaya pembangunan industri desa berbasis budaya dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Andika.

Industrialisasi desa merupakan cerminan bagaimana pengelolaan sumber daya di wilayah perdesaan dengan mengedepankan prinsip industri berbasis budaya, peningkatan peranan strategis industri kecil, industri berbasis modal sosial, agroindustri, dan bio-industri, sambung dia.

“Termasuk juga pemanfaatan teknologi informasi bagi masyarakat desa sebagai instrumen dalam rantai pasok di era ekonomi digitala,” ucap Andika pada rapat yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

"Industrialisasi desa diharapkan mampu menyelaraskan program pembangunan dan kerja sama antardesa dari daerah kabupaten yang berbeda di Provinsi Banten," tambah Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek