Ekonomi
Sabtu 05 Oktober 2019 23:51
Camat Periuk Kota Tangerang Sumardi didampingi Lurah Gebang Raya Mochammad Nasi. (FOTO: IST)
\"Share

BANTENEXPRES – Pemerintah Kota Tangerang terus gencarkan dan sosialisasikan pengurangan bahan plastik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, dan disebutkan pada pasal 9 ayat 1 Pemerintah Kabupaten /Kota memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan dan strategi pengolahan sampah.

Juga tertuang dalam imbauan pembatasan penggunaan kantong plastik kepada bisnis ritel, yang telah dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

Menidaklanjuti program Pemerintah Kota Tangerang ini, Kecamatan Periuk Kota Tangerang baru-baru ini juga ikut melaksanakan program tersebut. Dimana Kecamatan Periuk mendeklarasikan pemakaian bahan plastik sekali pakai [tumbler] yang ramah lingkungan.

Deklarasi pada Minggu (29/09) lalu dilaksanakan di kantor Kelurahan Gebang Raya, langsung dipimpin camat Periuk, Sumardi didampingi lurah Gebang Raya Mochammad Nasi, juga dihadiri beberapa anggota DPRD Kota Tangerang dan masyarakat setempat.

Camat Periuk Sumardi mengatakan, program Pemerintah Kota Tangerang untuk terus mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik dan digantikan dengan yang ramah lingkungan alias sekali pakai.

“Pemerintah Kota Tangerang tengah gencarnya kampanye untuk mengurangi sampah plastik saat ini bukanlah tanpa dasar. Sampah plastik yang menumpuk akan memberikan dampak negatif hingga berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan kita,” jelas Sumardi.

BACA JUGA: Pemkot Tangerang Komitmen Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Ia mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik dan beralih ke pemakaian bahan plastik sekali pakai yang ramah lingkungan, sehingga lingkungan menjadi sehat dan bersih.

Sampah plastik telah menjadi momok menakutkan yang mengancam keberlangsungan kehidupan. Maka dari itu, kita harus terus melakukan kampanye untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik,” ucap Sumardi.

Sumardi berharap, masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Periuk mulai mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik dan segera beralih ke bahan plastik sekali pakai (tumbler).

Tidak hanya program tersebut yang dilakukan Kecamatan Periuk Kota Tangerang dalam menata wilayahnya, belum lama ini juga Kecamatan Periuk menggeler “Festival Kampung Anak” tingkat kecamatan.

Ratusan anak dari lima kelurahan di Kecamatan Periuk Kota Tangerang ikut memeriahkan festival tersebut dengan mengikuti berbagai macam perlombaan. Diantaranya, lomba tari, lomba pidato, lomba mewarnai gambar, lomba baca puisi, dan lainnya.

Festival ini diikuti oleh berbagai peserta, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SLTA. Kegiatan ini juga diisi berbagai karnaval anak-anak, dan para peserta memperagakan pakaian dari beragam kebudayaan di Indonesia.

“Adanya kegiatan festival Kampung Anak ini, kita berharap dapat bersinergi dengan Kota Tangerang yang merupakan kampung layak anak. Secara nasional Kota Tangerang tercatat sebagai kampung layak anak pada tingkat nasional,” ucap Sumardi. (ADV)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek