Politik
Kamis 16 November 2023 09:05
Para pengurus partai politik di Kabupaten Tangerang mengikuti sosialisasi penguatan kesadaran politik pada Pemilu 2024. (FOTO: dok-HMS)
\"Share

BANTENEXPRES - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang meminta pengurus partai politik (parpol) tingkat kecamatan agar ikut menguatkan kesadaran politik rakyat menghadapi Pemilu 2024.

"Bukan hanya tanggung jawab penyelenggara saja tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen bangsa ini," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana, pada sosialisasi kebijakan politik di  Istana Nelayan Jatiuwung, Rabu (15/11).

Para peserta yang mengikuti sosialisasi ini merupakan pengurus parpol tingkat kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

Mereka diminta memahami tujuan politik bagi bangsa dan negara. Hadir sejumlah narasumber dari UIN Syarif Hidayatullah, komisioner KPU Kabupaten Tangerang dan komisioner Bawaslu Provinsi Banten.

Rudi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna menguatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan dalam Pemilu 2024.

Selain itu, sosialisasi politik juga merupakan proses transmisi orientasi politik/budaya politik bangsanya (Sistem Politik Nasionalnya) agar warga negara memiliki kematangan politik dan sadar akan hak dan kewajibannya sesuai dengan yang ditentukan dalam sistem politik nasional.

"Karena dengan adanya kegiatan sosialisasi politik ini bisa mencerdaskan bangsa, membangun masyarakat yang paham akan politik serta cara pengambilan kebijakan oleh pemerintah," tuturnya

Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) adalah instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di Indonesia yang akan melangsungkan Pemilu atau Pilkada. Segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses Pemilu yang demokratis dapat diantisipasi, diminimalkan dan dicegah.  

Melalui kegiatan ini pihaknya berharap para pengurus parpol dapat memahami tentang kebijakan Pemilu yang bakal digelar 14 Februari 2024 mendatang.

"Saya berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, peserta sosialisasi kebijakan politik mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang sosialisasi kebijakan politik pada pemilu 2024," kata dia menekankan.

(EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek