Ekonomi
Rabu 09 Oktober 2019 20:42
Ketua Umum FSB Garteks SBSI Ary Joko Sulistyo (kanan). (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

SERANG – Untuk pertama kalinya festival “Decent Work Day 2019” di gelar di Banten, yakni dalam memperingati hari layak buruh se-dunia oleh aktivis buruh/pekerja yang tergabung dalam FSB GARTEKS Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Kegiatan festival di laksanakan di GOR Maulana Yusuf, Ciceri Kota Serang, pada Ahad (06/10) kemarin, juga bertepatan dengan suasana perayaan Hari Jadi atau HUT Provinsi Banten yang ke-19.

Pada kesempatan berbahagia ini, Ketua Umum FSB Garteks SBSI Ary Joko Sulistyo berharap kaum buruh alias pekerja di Banten dapat hidup sejahtera, dengan upah layak, kerja layak dan hidup layak.

“Kita ucapkan selamat HUT Banten yang ke-19. Mudah-mudahan di usia yang ke-19 ini, Pemerintah Provinsi Banten mampu memberikan jawaban terkait dengan banyak persoalan-persoalan yang ada di Banten itu sendiri,” ucap dia kepada BantenExpres dijeda acara.

Joko menilai, bahwa industri di Banten saat ini sangat maju. Namun demikian, bahwa infrastuktur harus juga lebih diperhatikan oleh Pemprov Banten. Penyediaan lahan untuk industri-indusrti, karena ini juga akan memicu investasi-investasi baru, sambung dia.

“Karena setiap daerah akan bersaing dengan daerah yang lain, akan menawarkan kemajuan-kemajuan keunggulan daerah masing-masing, nah ini yang harus kita angkat,” ujarnya.

BACA JUGA: KSBSI Siap Perjuangkan Buruh dari Kebijakan Pemerintah

“Kalau misalkan wilayah Banten ini upah (buruhnya) relatif lebih tinggi dari wilayah lain, harus kita mempromosikan apa yang bisa kita jual untuk wilayah Banten. Sehingga orientasinya adalah Banten yang sejahtera makmur adil dan merata, ini yang harus juga di perhatikan Pemerintah Provinsi Banten,” kata Joko.

Kedua, adalah birokrasi, sambung dia. Birokrasi ini juga bisa menghambat investasi, ini juga harus diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Banten didalam mengeluarkan regulasi-regulasi yang menyangkut soal masyarakat, buruh pekerja.

“Saya pikir steakholder, dan para pemangku-pemangku kepentingan harus dilibatkan disini. Karena ini adalah era otonomi. Saya pikir ini adalah menjadi peluang sebesar-besarnya bagi Pemerintah Provinsi Banten untuk bersaing menjadi yang terbaik dengan daerah lain, itu yang harus didorong oleh Pemprov Banten,” harap dia.

Kemudian dibidang pengawasan, menurutnya ini pun juga harus di tingkatkan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Supaya fungsi dari pada kepengawasan itu baik, baik bagi pekerja, baik juga untuk pelaku pengusaha.

“Kita melihat bahwa di Banten ini kekurangan pengawas ketenagakerjaan, ini yang kita sorot. Sekali lagi kami dari keluarga besar Garteks KSBSI mengucapkan selamat Dirgahayu untuk Banten. Salam dari kami, salam perjuangan, salam solideritas, salam kebersamaan,” demikian Ary Joko Sulistyo mengakhiri. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek