Ekonomi
Sabtu 25 Januari 2020 10:43
Kodim 0506 Tangerang bersama masyarakat menggerebeg sampah di sungai Cisadane, Panunggangan Barat Cibodas, Jumat (24/01). (FOTO: Dok Banksasuci | untuk BantenExpres)
\"Share

TANGERANG - Puluhan prajurit TNI dan Polri serta puluhan warga melakukan kerja bahkti, gotong royong membersihkan sampah dan puing di aliran sungai Cisadane peninggalan banjir, sekaligus recovery pasca banjir, Jumat (24/01) di Banksasuci, Panunggan Barat, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.

Kegiatan yang dinamakan "Gerebeg Cisadane untuk Indonesia Maju" diinisiasi Kodim 0506 Tangerang bekerjasama dengan Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (Yapelh) Indonesia dan Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) ini, masih dalam rangka memperingati HUT Kodam Jaya ke-70.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu terjadi banjir hebat yang melanda beberapa wilayah tanah air, tak terkecuali Sungai Cisadane juga terdampak banjir sehingga sampah dan puing menghiasi.

Mewakili Kodim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Wisnu Kurniawan pada kesempatan ini mengaku sangat prihatin terhadap kondisi sungai Cisadane dan Kali Angke yang di penuhi sampah akibat banjir.

“Maka hari ini kita laksanakan kerja bakti, rekonsiliasi dan rekonstruksi agar tidak terjadi lagi banjir susulan,” tegas Wisnu. “Terima kasih kepada TNI dan Polri serta pemerintah, juga semua unsur masyarakat yang membantu terlaksananya kegiatan ini,” sambung dia dilokasi.

BACA JUGA: Guberur Banten Perintahkan Anak Buahnya Sikat Penambangan Emas Ilegal

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang ikut hadiri Gerebeg Cisadane, mengatakan terdapat 294 titik banjir di Kota Tangerang termasuk sungai Cisadane.

“Air adalah sumber kehidupan, jika tidak dijaga dirawat akan menjadi malapetaka.Ini kewajiban kita semua dalam mengelola dan melestarikan. Kita hadir disini dalam penanganan pasca banjir,” ujar Wakil.

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan yang sangat positif ini untuk Sungai Cisadane," ucap Uyus Setyabhakti Direktur eksekutif Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (Yapelh) Indonesia.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu masih di lokasi yang sama [Banksasuci], juga dilaksanakan diskusi publik masih terkait banjir. Dihadiri Pimpinan DPRD Kota Tangerang, Tengku Iwan dan Turidi Susanto, Kepala BPPD Kota Tangerang Iman Pujasera dan warga.

Para wakil rakyat ini pun berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk memperkuat penanganan banjir serta pasca banjir di Kota Tangerang, yakni pengadaan unit perahu.

“Mudah-mudahan di anggaran tahun ini kita bisa belanja untuk pengadaan perahu. Minimal tiap kecamatan di Kota Tangerang ada 2 unit perahu. Karena pengalaman banjir kemarin untuk mengevakuasi korban banjir masih cukup terkendala, salah satunya kita kekurangan perahu,” kata Turidi. (ZIE)   

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek