Hukum_Kriminal
Rabu 15 Juli 2020 23:04
Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Saeroji. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG – Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Saeroji mendukung langkah masyarakat yang singgap melaporkan ke aparat penegak hukum (Polisi), terhadap adanya temuan dugaan penggelapan dana Bansos [Kemensos-RI] pada Program Keluarga Harapan alias PKH.

“Tentu saya mendukung adanya laporan masyarakat atau pun organisasi masyarakat lainnya, yang melaporkan adanya indikasi penggelapan dana Bansos PKH ke aparat penegak hukum,” ujar Saeroji ditemui BantenExpres, di Gedung DPRD Kota Tangerang, Rabu (15/07) petang.

Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap pihak kepolisian untuk terus mengusut tuntas bila ditemukan adanya pelanggaran hukum pada kasus tersebut.

BACA JUGA: Siap-Siap Polres Metro Tangerang Akan Panggil Pengemplang Uang PKH

“Saya berharap pihak kepolisian segera merespon atas laporan masyarakat itu. Bila ada temuan dan pelanggaran hukum yah harus diusut tuntas,” tegas dia.

Diketahui pekan kemarin, organisasi masyarakat (NGO) telah melaporkan ke Polres Metro Tangerang adanya dugaan penyelewengan dana bantuan sosial Kemensos-RI (PKH) di wilayah Kota Tangerang.

Melihat peristiwa ini, pihaknya (Komisi II) dalam waktu dekat berjanji akan memanggil pihak-pihak terkait.

“Dinas Sosial akan kami panggil,” kata Saeroji. “Karena sepertinya ini sudah lama yah terjadi dan jangan dibiarkan. Kan kasihan warga penerima manfaat kehilangan haknya,” sambung dia.

Saeroji menambahkan, kedepan Dinas Sosial Kota Tangerang diminta selalu meng-update data-data terbaru penerima bantuan sosial.

BACA JUGA: 'PSBB The Series' KNPI Kota Tangerang Angkat Bicara: Terlalu Politis

“Jangan sampai data-data penerima bansos itu juga rancu, double. Kita ingin Dinas Sosial agar memvalidasi dan cek ke lapangan terhadap semua penerima bantuan, apapun bentuknya,” demikian Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Saeroji.

Seperti diberitakan, terjadi dugaan penggelapan dan penyelewengan dana bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada program PKH di wilayah Kota Tangerang.

Sebagai informasi, Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia melalui Kemensos-RI telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan. (ZIE/EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek