Hukum_Kriminal
Jumat 15 Mei 2020 22:07
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah memberikan bantuan sosial kepada warga Karawaci. (FOTO: IST | Ilustrasi)
\"Share

TANGERANG - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang menghadiri undangan publikasi program penanganan Covid-19 di wilayah Banten melalui video Conference dengan KPK, Diskominfo Provinsi Banten, Diskominfo Kab/Kota se-Provinsi Banten dan para awak media, Jumat (15/05).

Koordinator Unit Kerja Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK, Asep Rahmat Suwandha, mengatakan, agenda ini sangat penting untuk dilaksanakan karena dengan acara ini dapat berkordinasi dan bekerjasama dalam keterbukaan informasi.

"Saya berharap melalui forum ini masyarakat bisa lebih mendengar langkah-langkah dan kebijakan pemerintah daerah agar informasi tersebut sampai kepada masyarakat," ujar Asep.

Asep juga minta humas daerah (Pemda) harus selalu meng-update agenda penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing, terutama informasi penyaluran bantuan sosial (Bansos) sebagai bentuk transparansi.

BACA JUGA: KPK Diminta Kawal Anggaran COVID-19 Banten

Selain itu, Humas Pemda pun diminta memanfaatkan website resmi Pemda dalam bentuk cross chek masyarakat terkait media massa mainstream, media sosial (Facebook, twiter, instagram) dimanfaatkan sebagai publikasi namun tetap website resmi sebagai media utama publikasi kepada publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang Tini Wartini, mengatakan di Kabupaten Tangerang sendiri saat ini untuk publikasi tentang Covid-19 terus up to date, menginformasikan melalui media sosial dan media mainstream lainnya.

"Kita akan terus mempublikasikan informasi Covid-19 melalui media sosial, media cetak, media televisi dan radio sehingga informasi dapat sampai kepada masyarakat," ucap Tini.

BACA JUGA: Pengadaan Mobil Dinas DPRD Kota Tangerang Rp1,4 Miliar Ciderai Rakyat

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin, yang ikut serta dalam video Conference menyampaikan, acara Publikasi program Penanganan Covid-19 yang melibatkan media massa menurutnya sangat bagus.

Dalam kesempatan ini, pihaknya [PWI] minta peran aktif pemerintah dan KPK dapat mendorong Pemda untuk kerjasama publikasi penanganan corona dengan media massa.

Sangki juga berharap ada jaminan pemerintah baik pusat atau daerah dalam rangka menjalankan tugas pokok fungsi Pers Indonesia.

"Kami berharap ada jaminan pemerintah baik pusat maupun daerah, agar kami [media] bisa juga berjalan melaksanakan tugas sebagaimana biasanya, meskipun dibawah ‘ancaman’, karena adanya pembatasan belanja media atau publikasi media oleh pemerintah setempat," kata Sangki dalam keterangan tertulisnya. (EDY/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek