Nasional
Senin 30 Oktober 2023 15:06
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada ratusan Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia, di Istana Negara, Jakarta. (FOTO: Twitter Jokowi)
\"Share

BANTENEXPRES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi langsung kepada ratusan penjabat (Pj) kepala daerah dan aparatur sipil negara (ASN) untuk netral pada Pemilu Serentak 2024 mendatang. Jokowi kemudian mengancam akan mencopot Pj kepala daerah yang tidak netral.

Dalam pengarahan tersebut, Jokowi ingin para penjabat kepala daerah membantu KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu. Namun, Jokowi mewanti-wanti anak buahnya untuk tidak melakukan intervensi.

"Tidak intervensi apa pun. Membantu. Anggaran segera disegerakan. Dan juga saya minta jangan sampai memihak," kata Jokowi kepada ratusan Pj kepala daerah di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10).

Presiden juga mengingatkan semua gerak-gerik penjabat kepala daerah dipantau publik. Menurutnya, sangat mudah mengetahui bila ada penjabat kepala daerah yang memihak ke kandidat tertentu.

Dia berkata, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memantau kinerja setiap penjabat kepala daerah tiga bulan sekali. Jokowi pun ikut memantau kerja para penjabat kepala daerah setiap hari.

Ia pun meminta penjabat (Pj) kepala daerah mengikuti setiap arahan yang telah diberikan. Dia akan menindak tegas kepala daerah yang melakukan pelanggaran. "Begitu Bapak Ibu miring-miring, saya ganti. Itu hak prerogatif yang saya miliki," ujarnya menegaskan.

Jokowi kemudian meminta Pj kepala daerah menjaga kerukunan di wilayah masing-masing. Sehingga, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai. 

"Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik. Selesaikan dengan baik," pinta Jokowi.

Sebanyak 194 orang Pj kepala daerah hadir di Pengarahan Presiden RI kepada Para Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia itu. Mereka yang hadir terdiri dari 23 penjabat gubernur, 37 penjabat wali kota serta 133 penjabat bupati.

(GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek