Nasional
Senin 02 Desember 2019 10:53
Legislator asal Banten, TB Ace Hasan Syadzily. (Dok BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), TB Ace Hasan Syadzily menilai Peraturan Menteri Agama (PMA) No 29 tentang Majelis Taklim dalam pandangannya terlalu berlebihan dan bukan ranah negara. Mengingat, Majelis Taklim merupakan institusi informal dan non-formal yang tidak memerlukan pengaturan negara.

"Dalam pandangan saya terlalu berlebihan mengatur hal yang sebetulnya bukan ranah negara. Majelis Taklim bukan institusi pendidikan formal," kata Ace legislator asal Banten saat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Senin (02/12).

Majelis Taklim secara kelembagaan merupakan pranata sosial keagamaan yang lahir dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, menurut Politikus Partai Golkar ini. 

Sehingga dengan demikian, lanjt dia, tidak perlu ada pengaturan teknis dari Pemerintah. Ini merupakan ranah civil society Islam yang seharusnya diatur oleh masyarakat sendiri.

BACA JUGA: DPR RI Saat Ini Sudah Sangat Terbuka

"Dalam PMA ini jelas disebutkan bahwa setiap Majelis Taklim harus mendaftarkan ke Kementerian Agama melalui KUA. Masa ibu-ibu berkumpul untuk mengaji harus daftar ke KUA?," Ace heran.

Selain itu, kata Ace, dalam PMA itu disebutkan setiap satu tahun sekali harus melaporkan kegiatannya ke Kementerian Agama. Ia mempertanyakan untuk apa Majelis Taklim harus mendaftarkan diri ke Kementerian Agama? Apa konsekuensinya kalau tidak mendaftar? Apakah Majelis Taklim akan dibubarkan Pemerintah?

"Ini lebih lucu lagi, untuk apa Majelis Taklim memberikan laporan ke Kementerian Agama?" keluh dia seperti dikutip laman Republika.co.id. Tidak ada urgensinya jika Majelis Taklim mendaftarkan ke Kementerian Agama, sambung dia.

"Kemenag harus belajar kembali soal relasi antara negara dan civil society atau masyarakat dalam konteks membangun negara. Kami akan mengklarifikasi kepada Menteri Agama terkait dengan kebijakan ini dalam Rapat Kerja nanti," demikian Ace. (DIR)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek