Hukum_Kriminal
Jumat 05 Juni 2020 19:28
Aktivis lingkungan hidup melakukan Clean up Cisadane pasca longsornya TPA Cipeucang, Jumat (05/06). (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

TANGERANG - Bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 5 Juni 2020, aktivis dan penggiat lingkungan hidup yang di pelopori Bank Sampah Sungai Cisadane [Banksasuci] menggelar aksi bersih-bersih sungai Cisadane, Jumat (05/06).

Kegiatan aksi bertema "Clean Up Cisadane" pasca longsornya TPA Cipeucang ini dimulai dari posko Banksasuci, di Panunggangan Cibodas, Kota Tangerang dan berakhir di lokasi longsornya TPA Cipeucang, Setu, Kota Tangsel.

“Aksi ini juga menuntut agar para pihak yang bertanggung jawab untuk segera melakukan normalisasi sungai Cisadane secara menyeluruh,” tegas Koordinator aksi sekaligus Direktur Banksasuci Ade Yunus.

BACA JUGA: Direktur Banksasuci: TPA Cipeucang Berpotensi Bahaya Sangat Besar

Kata dia, para aktivis ini membersihkan hanya pada permukaan sungai saja, tidak sampai kedalam sungai.

“Jadi kita minta kepada Pemkot Tangsel agar sampahnya dikeruk sampai permukaan bawah sungai," ujarnya.

Selain itu, ia pun mendesak Pemkot Tangsel dan kontrator yang terkait dengan TPA Cipeucang untuk segera mempercepat recovery sungai Cisadane.

"Kondisi sungai Cisadane sudah mengkhawatirkan, jadi kita minta untuk mempercepat recovery dan normalisasi clean up cisadane,” pinta dia.

Sementara terkait dugaan pelanggaran atas kelalaian yang mengakibatkan longsornya sampah hingga ke sungai Cisadane agar diproses secara hukum.

"Kita serahkan dan percayakan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum (APH), dan kementerian terkait. Yang pasti harus ada yang bertanggung jawab,” cetus Ade.

BACA JUGA: Aktivis: Kemana Uang Covid-19 Kota Tangerang?

“Seperti kita ketahui, setiap ada peristiwa atau bencana dengan sendirinya aparat hukum akan bergerak disana. Seperti memasang Police Line, dan mencari sebab musibah kenapa itu terjadi. Apakah ada kelalaian dan sebagainya,” tambah Ade kepada BantenExpres.

Seperti diketahui, dinding penahan sampah atau sheet pile di TPA Cipeucang sepanjang 60 meter jebol pada 22 Mei lalu. Pemerintah Kota Tangerang Selatan saat ini terus melakukan pembersihan sisa-sisa sampah yang masih menggunung dan menyumbat sebagian aliran sungai Cisadane. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek