Ekonomi
Jumat 10 Juli 2020 08:10
mengatasi pandemik Covid-19, TNI Polri Luncurkan Kampung Tangguh di Mauk Tangerang, Kamis (09/07). (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis, menghadiri acara panen raya, tebar benih, baksos dan launching 7.024 Kampung Tangguh Nusantara Sinergitas TNI dan Polri di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (09/07).

Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Inspektur Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan Muhammad Yusuf, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriardi serta Gubernur Banten Wahidin Halim.

Acara bertajuk 'Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan' merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo. Acara Panen Raya Nusantara ini juga sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sebagai tuan rumah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan terima kasih atas perhatian TNI dan Polri kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, khususnya untuk mengingatkan ekosistem alam dan upaya ketahanan pangan khususnya di Desa Ketapang, Mauk. 

BACA JUGA: Serentak, Panglima TNI dan Kapolri Launching Kampung Tangguh dari Mauk Tangerang

Untuk mendukung program Kampung Tangguh Nusantara sinergitas TNI dan Polri, Pemkab Tangerang telah memberikan stimulan berupa bibit ikan nila sebanyak 300 ribu benih, dan ikan bandeng sebanyak 700 ribu benih, benih udang vanname sebanyak 28 ribu untuk 4 petak, dan 17 ribu benih jenis sangkuriang.

Selain itu, 36 hektar lahan yang terdiri dari 26 lahan tidur di luar lahan tambah dan 10 hektar lahan pemerintah daerah di Desa Ketapang ini berhasil diberdayakan bersama 17 kelompok masyarakat terdampak covid-19 yang beredar di Desa Ketapang.

"Kami, pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas inisiasi program Polri dalam upaya penguatan ketahanan pangan komoditi jagung hibrida bagi 10 wilayah Polsek dengan total luas pemanfaatan sebesar 30 hektar," ucap Zaki dalam sambutanya.

Pada launching Kampung Tangguh Nusantara juga dilakukan pembagian sembako berupa bantuan 2.000 paket sembako untuk warga Desa Ketapang, Mauk Kabupaten Tangerang. Setelah itu dilakukan tebar benih ikan lele jenis sangkuriang, bandeng dan panen raya udang jenis vanname. (ZIE/EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek