Pendidikan
Senin 13 Januari 2020 19:07
Mahasiswa KKM dari Untirta Serang Banten, di Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

SERANG – Mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten tengah melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), di  Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.

Para mahasiswa ini melakukan KKM untuk menggali persoalan sampah dan bertekad mewujudkan Bank Sampah agar dapat berguna bagi masyarakat, khususnya di Desa Kamasan.  

Ketua KKM Muhammad Omar Dafi mengatakan, bahwa salah satu masalah yang dialami di Desa Kamasan adalah persoalan penanganan sampah.

"Sebelum kami turun ke Desa Kamasan, kami melakukan identifikasi persoalan yang ada di desa ini, penanganan sampah adalah salah satunya," jelas Dafi.

Menurutnya, solusi penanganan sampah di desa tersebut adalah dengan membentuk bank sampah. "Hasil kajian kami, bank sampah menjadi solusi yang tepat dalam penanganan sampah di Desa Kamasan," ujarnya.

BACA JUGA: Diminta, Pemerintah Perhatikan Forum TBM di Daerah

Untuk mewujudkan Bank Sampah tersebut, para mahasiswa KKM ini meminta pendampingan kepada komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane alias Banksasuci, yang berhasil menjadikan sampah menjadi berkah.

"Pendampingan kami minta bantuan mentor dari Banksasuci, seperti yang kita tahu Banksasuci merupakan bank sampah yang sangat berpengalaman dan kredibel," Dafi mengatakan.

Sementara, Direktur Banksasuci Ade Yunus, mengatakan bahwa yang terpenting dalam pengelolaan sampah adalah melakukan perubahan perilaku masyarakat.

"Pondasi utama dalam mewujudkan bank sampah adalah melakukan perubahan perilaku masyarakat, dimulai dengan memilah sampah," ujar Ade dalam keteranganya kepada BantenExpres, Senin (13/01) di Tangerang.

“Tidak mudah melakukan perubahan perilaku kepada masyarakat, butuh keuletan dan kedisiplinan, dan juga dibutuhkan support dari berbagai pihak, terutama dari pemerintah daerah setempat,” tutur Ade. (DIR)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek