Ekonomi
Senin 22 Juni 2020 08:12
Wisata Banten Lama mulai ramai dikunjungi jamaah. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

SERANG - Kawasan wisata religi Banten Lama yang terletak di Kasemen Kota Serang, mulai ramai dikunjungi wistawan pasca lebaran beberapa pekan kemarin.

“Seminggu setelah lebaran kemarin sudah mulai ramai kang, apalagi Sabtu Minggu,” ujar seorang pedagang makanan ringan di seputar kawasan wisata Banten Lama.

Sebagaimana diketahui bersama, masa pandemik Covid-19 berbagai sektor wisata tutup guna mencegah penyebaran virus corona mematikan itu.

Tak terkecuali kawasan wisata Banten Lama ini juga melakukan penutupan sementara. Seperti diketahui wisata religi terbesar di Banten ini kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

Kali ini para pengujung [jamaah] diwajibkan menggunakan masker sebagai protokol kesehatan untuk masuk ke kawasan Banten Lama terutama memasuki areal Masjid Agung atau di dalam peziarahan.

Hal tersebut diketahui dari pengeras suara (informasi) yang terus mengimbau para pengunjung atau jamaah untuk tertib di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Revitalisasi Banten Lama Selesai Tahun Ini

“Bapak-bapak Ibu-ibu mohon tetap gunakan masker. Dan jaga kebersihan lingkungan jangan makan di areal masjid,” demikian imbauan petugas.

Pantauan media ini pada akhir pekan kemarin, nampak kawasan wisata Banten Lama ramai dikunjungi para jamaah juga anak-anak dan muda-mudi yang memadati taman-taman kawasan ini.

Disisi lain kantong-kantong parkir masih terlihat lengang, karena baru wisatawan lokal yang banyak berkunjung.

Sebagai informasi, kawasan wisata religi Banten Lama sudah direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Banten dan Pemkot Kota Serang. Perubahan mulai nampak di kawasan yang penuh nilai sejarah itu.

Seperti di depan Masjid Agung terlihat megah nan apik. Dahulu lapangan ini dipenuhi rerumputan setelah direvitalisasi menggunakan lantai dari marmer (keramik) berukuran besar, juga payung-payung berdiri disana semakin menambah daya tarik kawasan wisata kesultanan Banten Lama.

BACA JUGA: Gubernur Banten Siap Ladeni Gugatan Bank Banten

Pun dengan taman-taman diseputar kawasan Banten Lama menjadi spot tersendiri bagi kaum muda terutama anak-anak untuk sekedar bermain dan swa foto alias selfie.

Namun, tarif parkir di Banten Lama dikeluhkan para pengunjung. Pasalnya dinilai terlalu mahal, kendaraan roda dua dikenakan tarik sebesar Rp5000 sementara untuk roda empat atau minibus dikenakan tarif Rp10.000.

Dari kawasan wisata religi Banten Lama, Kota Serang, demikian melaporkan. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek