Ekonomi
Senin 13 September 2021 21:43
Anggota Komisi I DPRD Kota Tangerang Fraksi PDI Perjuangan Andri Permana melakukan Masa Reses. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menggelar Reses III, Tahun Masa Sidang 2020-2021. Sementara itu, Anggota Komisi I Andri Permana melakukan Reses di daerah pemilihanya (Dapil I), antaranya di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Pabuaran Indah Karawaci, dan Cikokol, Sabtu hingga Minggu (11-12/09).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, Reses sebagai fasilitas untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat sebagaimana dalam aturan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang perencanaan pembangunan.

Seperti diketahui, Masa Reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.

Pelaksanaan tugas anggota dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung, menyerap aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja.

Kepada para konstituenya, Andri membahas terkait pembangunan atau infrastruktur. Menurut Andri, ada beberapa aspek dalam pencanangan pembangunan diantaranya aspek teknokratik yang merupakan domain dinas terkait. Dan aspek aspiratif.

"Dimana menjalankan aspek aspiratif dengan mengenal kanal musrembang salah satunya adalah pokok-pokok pikiran anggota dewan. Dimana pokok-pokok pikiran dewan itu didapatkan saat kegiatan reses," kata Andri.

"Melalui reses ini, sebagai anggota dewan kita dapat menampung aspirasi masyarakat yang nantinya buah pikiran masyarakat ini kita masukan kedalam musrembang," sambung dia.

Dalam Reses yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) ini, Andri juga mensosialisasikan program-program pemerintah pusat, yakni Indonesia Pintar.

"Karena program yang diinisiasi era pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi) ini sebagai sarana dalam rangka mewujudkan program pendidikan gratis termasuk sarana penunjang pendidikan itu sendiri," kata dia.

Selain sosialisasi program Indonesia Pintar, ia juga mendapatkan banyak aduan dan masukan dari masyarakat terkait peningkatan infrastruktur di Kota Tangerang.

Terutama menghadapi musim penghujan, sarana-sarana infrastruktur terkait tata kelola air seperti drainase, kata dia akan menjadi catatan dan prioritas.

"Banyak warga meminta pembangunan dan perbaikan drainase dilingkungannya. Insya Allah ini akan menjadi prioritas yang nantinya saya sampaikan ke eksekutif," Andri Permana menegaskan. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek