Ekonomi
Senin 28 Oktober 2019 23:41
Relawan MRI membersihkan aliran sungai dari semarak sampah.(FOTO: Humas ACT Banten)
\"Share

PANDEGLANG – Musim penghujan segera tiba masyarakat diimbau untuk waspada akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak yang lalai akan ancaman bencana di musim hujan, terbukti dengan banyaknya sampah-sampah disetiap aliran sungai yang jika hujan lebat tiba mengakibatkan banjir.

Sementara itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pandeglang pada Ahad (27/10) kemarin, menggagas Aksi Peduli Lingkungan dengan menggandeng Mathla’ul Anwar Care (MA Care) Banten yang bersinergi dengan elemen masyarakat lainnya.

Aksi peduli lingkungan sungai ini diawali di Sungai Cisuwuk, Desa Purwarajan Kecamatan Menes, Pandeglang, yakni dengan mengangkut sampah-sampah yang menumpuk disepanjang aliran sungai tersebut.

Aksi peduli lingkungan dengan bersih-bersih sungai ini diawali dengan apel yang diikuti 100-an relawan dihalaman Kantor Kecamatan Menes, dihadiri oleh muspika Kecamatan Menes, Relawan MRI ACT Banten, Relawan MA Care, Paskibraka, dan Masyarakat setempat.

“Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan juga untuk mengantisipasi saat musih hujan datang. Karena sampah-sampah yang memenuhi aliran sungai hampir sepanjang 300 meter tersebut menjadi ancaman bagi penduduk setempat,” terang Koordinator Lapangan sekaligus Ketua MRI Pandeglang, Jaja Sunarja.

BACA JUGA: ACT Banten Berangkatkan 25 Relawan Tangani Bencana Asap

Aksi Peduli Lingkungan sinergi MRI Pandeglang dengan MA Care bukan pertama dan terakhir namun akan dilakukan secara berkelanjutan dalam bentuk aksi-aksi lainnya, hal tersebut disampaikan Mulyana Koordiantor MA Care Banten.

“Insya Allah aksi peduli lingkungan ini bukan saja kali ini kami lakukan, kami akan terus bersinergi dengan MRI dan pihak lainnya dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya, dan Aksi ini merupakan langkah awal kami untuk mengajak masyarakat peduli akan lingkungannya,” kata Mulyana.

Pada giat kali ini berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 10 truk selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Kampung Lame Luhur. MRI juga membagikan sejumlah bingkisan (sembako) kepada warga sekitar. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek