Ekonomi
Selasa 23 Maret 2021 16:22
Ilustrasi - Sholat tarawih di Masjid Alazhom Kota Tangerang. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

TANGERANG - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Ghozali Barmawi, memastikan tak ada penutupan masjid/mushola atau larangan salat tarawih pada Ramadhan 1442 Hijriah mendatang.

Hal itu sesuai dengan edaran MUI Pusat terkait protokol kesehatan jelang puasa Ramadan 1442 hijriyah. Selain itu, MUI juga melayangkan edaran terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat berpuasa, menurut dia.

"Jadi gak ada penutupan masjid dan mushola selama bulan Ramadhan. Hanya saja dalam pelaksanaannya kita harus mematuhi protokol kesehatan," kata Barmawi kepada wartawan, Selasa (23/03).

Barmawi berkata, masyarakat Kota Tangerang sudah jangen dengan suasana bulan puasa Ramadhan.

"Dan suasana kebatinan masyarakat Kota Tangerang ini memang sudah kangen. Pengen ngambil fadilah-fadilah di bulan Ramadhan. Karena di bulan-bulan lainnya kan agak kurang," ujarnya.

Selain itu, jumlah jama'ah juga harus disesuaikan dengan kapasitas masjid atau mushola. "Jadi ada pengurangan jumlah jama'ah juga," imbuh dia.

Diketahui hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kapan dimulainya awal bulan Ramadhan 1442 H atau tahun 2021.

Penentuan 1 Ramadhan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, melalui sidang isbat. Hasil sidang isbat ini akan memutuskan kapan 1 Ramadhan 1422 H dimulai.

Rencananya, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada 12 April 2021 nanti.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Demikian tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 seperti dikutip dari laman resmi PP Muhammadiyah, beberapa waktu lalu. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek