Ekonomi
Senin 04 Februari 2019 20:51
Kepala PKAKN Badan Keahlian DPR RI Helmizar menerima kunjungan konsultasi DPRD Kota Serang. (FOTO: Humas)
\"Share

BANTENEXPRES - Kepala Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN) Badan Keahlian DPR RI Helmizar, menerima kunjungan konsultasi DPRD Kota Serang terkait pajak dan retribusi daerah. Ia dimintai solusi cara mengembalikan aset daerah dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang saat ini mengalami penurunan. Helmi menilai kedua persoalan ini saling berkaitan.

“Kalau dilihat dari database Kota Serang, retribusi daerah mengalami penurunan yang besar. Nah ini yang menjadi persoalan,” kata Helmizar saat menerima Tim Kunjungan Konsultasi DPRD Kota Serang, di Gedung Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (01/02) kemarin.

Diketahui pada tahun 2007 silam, Kota Serang telah memisahkan diri dari Kabupaten Serang. Namun sebagian aset masih diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Serang. Sehingga kontribusi pemakaian kekayaan daerah berkurang dan berdampak pada penurunan PAD.

Ia juga mengatakan perlu dilakukan koordinasi antara pemerintah Kota, Kabupaten, dan perwakilan BPKP untuk melakukan pemerataan dan pemetaan kembali oleh tim apprasial. Melalui penilaian aset pembagian aset akan lebih jelas sehingga meminimalisir masalah dikemudian hari.

Strategi peningkatan PAD juga dapat dilakukan dengan memaksimalkan potensi aset daerah yang ada saat ini. Keberhasilan suatu daerah dalam menggali keuangan melalui pengelolaan aset yang dimiliki adalah cermin dari pemantapan otonomi daerah.

“Setidaknya ada sebelas aset yang dapat dimanfaatkan salah satunya sektor pariwisata. Itu akan sangat berpengaruh untuk pendapatan daerah juga,” tandas Helmizar dalam siaran pers, Ahad (03/02). (TON)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek