Hukum_Kriminal
Sabtu 10 Februari 2024 16:51
Ketua Panwaslu Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Heri Fadli (kiri) saat menjalankan tugas bersama anggota kepolisian. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Ketua Panwaslu Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Heri Fadli meminta kepada seluruh kontestan Pemilu 2024, yakni calon legislatif (Caleg) agar berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan etika serta mengedepankan prinsip prinsip kejujuran dan keadilan dalam menjalankan pesta demokrasi yang akan digelar 14 Februari mendatang.

"Dan bukan itu saja, para peserta pun jangan mendiskreditkan salah satu diantara kontestan lainnya," tegas Heri kepada awak media, Sabtu (10/02).

Oleh karenanya, ia berpesan kepada seluruh kontestan Pemilu untuk tidak dijadikan uang sebagai kekuatan atau roda penggerak dalam mempengaruhi publik demi mencapai kemenangan.

"Dimana persoalan money politic saya pikir itu menjadi polemik. Karena, di satu sisi para kontestan menganggap tujuannya baik untuk sekedar membantu bagi meraka yang membutuhkan, tapi money politic dilarang," ujar Ipunk sapaan akrab pria ini.

Menurutnya, seluruh peserta Pemilu atau para caleg sedang berlomba mendulang suara dengan berbagai cara demi meraih kemenangan salah satunya praktik money politic dan ia pun meminta masyarakat harus waspada.

"Money politic itu seakan sudah menjadi budaya saat event 5 tahunan ini. Maka kehadiran Panwaslu harus dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya praktik-praktik haram tersebut," cetus dia.

"Kami sebagai Panwaslu berkomitmen akan menjaga demokrasi ini dengan penuh tanggung jawab demi terciptanya demokrasi yang jujur adil dan berintegritas," sambungnya menegaskan.

Ia berharap, para peserta (baca-caleg) yang sedang bertarung harus memiliki jiwa yang legowo, ketika kalah harus menerima kekalahan dengan ikhlas.

"Dan bagi yang menang pun tidak perlu menunjukan kesombongan. Karena sesungguhnya, kalah karena kejujuran lebih terhormat daripada menang dengan kecurangan," ujar Ipunk.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar berperan aktif untuk membantu pengawasan dalam kegiatan Pemilu ini dengan memberikan informasi kepada panwaslu. Mengingat, betapa eloknya pengawasan Pemilu jika dilakukan secara bersama.
 
"Jika masyarakat ada temuan yang janggal dan melakukan pelanggaran, langsung laporkan saja kepada kami. Karena itu sudah menjadi tugas kita semua, dan yang tidak kalah pentingnya lagi, khususnya para relawan atau pendukung caleg untuk sama-sama mencegah terjadinya konflik horisontal yang diakibatkan adanya kesalahpahaman serta terbawa euforia yang berlebihan," tuturnya.

"Semoga proses demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 nanti dapat berlangsung dengan aman lancar dan damai," demikian Ipunk menutup.

(MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek