Hukum_Kriminal
Senin 17 April 2023 19:53
Kapolda Banten Irjen Rudy bersama Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengecek kesiapan personel dalam Operasi Ketupat Maung 2023. (FOTO: Dok-Humas)
\"Share

BANTENEXPRES - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho perintahkan personelnya untuk menembak di tempat aksi kejahatan bajing loncat.

Instruksi tersebut disampaikan Kapolda Banten Irjen Rudy saat menggelar pasukan Operasi Ketupat Maung 2023 di Mapolda Banten, Senin (17/04).

"Saya perintahkan tembak di tempat bagi pelaku kejahatan bajing loncat," kata Kapolda Banten Irjen Rudy.

"Saya perintahkan kepada jajaran apabila situasi menuntut dilakukannya tindakan tegas dan terukur, agar anggota jangan ragu," imbuhnya menegaskan.

Dia juga mengatakan, jajaran Polda Banten bekerja maksimal dalam memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Sejak Jumat (13/04), dia sudah mengoptimalkan kinerja jajarannya di lapangan karena arus mudik sudah terlihat.

Pengamanan juga ditingkatkan di wilayah-wilayah sentral seperti Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak yang menjadi jalur mudik.

Polda Banten, lanjut Irjen Rudy, juga menerjunkan tim khusus untuk mengamankan Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju Pelabuhan Ciwandan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan, termasuk bajing loncat.

"Kami jajaran Polda Banten akan bekerja maksimal demi memastikan masyarakat yang mudik aman dan nyaman," ujarnya.

Sebelumnya beredar informasi, aksi kejahatan bajing loncat meresahkan para sopir truk yang terjebak antrean panjang di Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju Pelabuhan Ciwandan Kota Cilegon.

Terpisah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku telah mengerahkan anggota Brimob hingga Reserse untuk mengantisipasi tindak pidana pencurian hingga pemerasan di jalur Mudik Lebaran 2023.

Kapolri mengatakan personel tersebut nantinya akan ditugaskan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan di titik-titik yang dinilai rawan bagi pemudik.

"Jadi wilayah-wilayah yang potensi terjadi tindak pidana bajing loncat, penodongan dan sebagainya telah disiapkan Satgas Pengamanan gabungan dari Brimob, Reserse, TNI untuk melakukan penyisiran," kata Kapolri usai apel Operasi Ketupat 2023 di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (17/04).

Selain itu, Kapolri juga memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan kegiatan patroli di permukiman warga selama periode Mudik Lebaran 2023.

(MUH/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek