Hukum_Kriminal
Minggu 11 Februari 2018 19:02
Sekretaris Garteks Aris Sokhibi memberikan potongan tumpeng kepada Ketuanya, Tri Pamungkas. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Akhir akhir ini tingkat pengaduan dari non anggota FSB Garteks SBSI di Tangerang Raya meningkat. Salah satu persoalan yang terjadi kecelakaan kerja dan PHK sepihak.

Demikian diungkapkan Tri Pamungkas, Ketua DPC FSB Garteks SBSI Tangerang Raya, pada acara Membership Meeting FSB Garteks SBSI Tangerang Raya sekaligus Launching Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH GARTEKS), di Mardigrass Cikupa, Citra Raya Tangerang, Sabtu (10/02).

"Juga tingkat kepuasan pekerja atau buruh terhadap pelayanan advokasi serikat pekerja/buruh ditingkat perusahaan semakin menurun,” kata Tri dihadapan para Ketua dan Sekretaris PK FSB Garteks SBSI Tangerang Raya dan seluruh jajaran DPC dan Divisi yang ada di tingkat DPC.

Tri berharap, dengan adanya YLBH Garteks ini dapat membantu kaum Buruh yang mendapat perlakuan diskriminasi dan juga belum mendapatkan hak-hak sebagai buruh sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang.

Lembaganya (YLBH Garteks), terinisiasi oleh tim DPC FSB Garteks SBSI Tangerang Raya sebagai jawaban kebutuhan masyarakat khususnya kaum buruh yang mendapatkan tindakan perlakuan diskriminasi atas hak-hak di perusahaan.

Acara sendiri digelar dengan penuh hikmat dan sederhana, diawali oleh doa dan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas dibukanya YLBH Garteks di Tangerang Raya.

Kita ketahui bersama bahwa pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh dapat mendampingi dan atau mewakili kepentingan pembelaan anggota sampai ketingkat pengadilan hubungan industrial, bahkan Mahkamah Agung RI, menurut dia.

Namun bilamana non anggota hanya bisa sampai ditingkat Mediasi Disnaker Kabupaten/Kota, lanjut dia, oleh sebab itu Garteks Tangerang Raya menyiapkan beberapa advokat bilamana mendapat pengaduan dari non anggota sehingga dapat melakukan advokasi hingga ke tingkat PHI maupun tingkat yang lebih tinggi sebagai bentuk terobosan perlindungan hak buruh.

“Konsistensi Garteks dalam melakukan advokasi maupun pengembangan semoga dapat dirasakan secara langsung bagi anggota. Dan kami berharap buruh buruh yang belum berserikat dan atau yang sudah berserikat akan mengetahui organisasi mana yang konsisten dalam memeperjuangkan hak anggota maupun keluarganya,” tutup Tri Pamungkas.

Untuk diketahui, adapun kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH Garteks) ini berkedudukan di, Jalan Boulevard Raya, Mardigrass, Block KC-08, Nomor 02, Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang Banten. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek