Ekonomi
Jumat 13 November 2020 23:06
Pemkot Bekasi memberikan bantuan pompa air kepada para kelompok tani. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Pemerintah Daerah (Pemkot) Kota Bekasi, melalui program Dinas Pertanian Dan Perikanan memberikan bantuan berupa mesin pompa air untuk memudahkan kinerja para kelompok tani.

Penyerahan mesin pompa air diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto kepada para kelompok tani yang berada di Kelurahan Bantar Gebang dan Kelurahan Sumurbatu, Jumat (13/11).

Tri Adhianto menjelaskan Pemerintah Kota Bekasi juga fokus terhadap pertanian organik. Sebagai informasi, Kota Bekasi memiliki lahan sawah mencapai 434 Ha yang tersebar di 10 kecamatan, sedangkan lahan kering yang digunakan untuk pertanian (kebun/ladang) seluas 4.285 Ha tersebar di 12 kecamatan.

Dengan lahan tersebut, pada tahun 2019 Kota Bekasi menghasilkan produksinya 4.663,7 ton. Luas panen komoditi palawija lainnya seperti Jagung pada sebesar 19 Ha dengan produksi sebesar 65,9 ton dan produktivitas 34,7 kwintal per hektar.

"Dari populasi yang ada, sebagian besar warga Kota Bekasi mayoritas memiliki keahlian dibidang pertanian dan peternakan, dari kompetensi yang ada Pemerintah Kota Bekasi akan terus mensuport bagi para kelompok tani untuk lebih produktif lagi," terang Tri Adhianto dalam siaran pers, Jumat (13/11).

Tri berharap para kelompok tani terus produktif, terus meningkatkan kualitas, dan terus berinovasi sebagai bentuk penyesuaian keadaan.

"Dulu petani bertani di ladang, setelah masuk era milenial lahan ladang semakin berkurang,  beralih ke urban farming, petani bertani menggunakan metode hidroponik," ujar dia.

"Dan tidak menutup kemungkinan di era selanjutnya kita masuk ke exotic farming," harap Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto. (FRN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek