Nasional
Senin 28 Oktober 2019 20:04
PNS di Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. (DOK: BantenExpres | Ilustrasi)
\"Share

BANTENEXPRES - Pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), kembali membuka seleksi calon pegawai negeri sipil alias CPNS 2019 untuk 68 kementerian dan lembaga. Pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai pada 11 November 2019. 

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, hari ini pihaknya resmi mengumumkan seleksi CPNS 2019. "Hari ini diumumkan dan sudah saya tandatangani prosesnya," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10).

Tjahjo melanjutkan, pada tahun anggaran 2019 dibuka penerimaan calon PNS di 68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah kabupaten/kota. Pendaftaran akan dimulai pada 11 November 2019 secara online melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN). 

Sebagaimana proses rekrutmen sebelumnya, pendaftaran CPNS dilakukan melalui website resmi SSCASN BKN, sscasn.bkn.go.id.

Kemudian, lanjut Tjahjo, pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/kabupaten/kota. Nantinya, para pelamar seleksi CPNS akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). 

BACA JUGA: Berikut Menteri-Menteri Kabinet Indonesia Maju

Seleksi SKD akan menggunakan computer assisted tes (CAD) yang  rencananya dimulai Februari 2020. Setelah itu, dilanjutkan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Maret 2020. 

"Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan sebagainya akan diumumkan oleh BKN dan instansi masing-masing," tutur Tjahjo seperti dilansir laman Republika.  

Dia pun mengingatkan agar para calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan CPNS tahun 2019.

"Perlu kami informasikan bahwa tidak ada seorang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan," demikian eks Mendagri ini menegaskan. 

Dilaporkan untuk Pemprov Banten, berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Menpan-RB) Nomor 545 tentang Penetapan Kebutuhan ASN di lingkungan Pemprov Banten Tahun 2019, kuota calon PNS (baca-ASN) untuk Pemprov Banten tahun ini hanya 253.

Kuota itu terdiri dari atas 31 tenaga teknis yang akan disebar ke beberapa OPD di lingkup Pemprov, selebihnya adalah tenaga pendidik. Sedangkan kuota untuk tenaga kesehatan tidak ada. (GUNG)

BACA JUGA: Survei KPK, Indeks Integritas Pemprov Banten Alami Peningkatan

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek