Nasional
Senin 16 September 2019 09:11
Pemerintah akan meluncurkan tol udara pada tahun 2020 mendatang. (FOTO: Istimewa)
\"Share

BANTENEXPRES - Awal tahun 2020 mendatang, Pemerintah akan meluncurkan program tol udara yang diproyeksi dapat menurunkan harga tiket pesawat. Dimana program tol udara ini mempuyai jarak tempuh yang pendek dan akan menghemat bahan bakar pesawat.

Menurut General Manager AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar (MATSC), Rosedi dalam siaran pers, Minggu (15/09) menjelaskan, program tol udara ini akan mulai diterapkan pada 30 Januari 2020 mendatang.

Tahap awal tol udara hanya diterapkan untuk rute yakni Jakarta-Surabaya, Jakarta-Bali, Jakarta-Makassar dan sebaliknya.

“Program tol udara ini akan mulai diterapkan pada 30 Januari 2020. Saat ini, persiapan, baik dari sisi SDM maupun peralatan tengah dimatangkan. Program tol udara ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh pihak, karena jarak tempuh perjalanan akan lebih pendek dan akan menghemat bahan bakar,” jelas dia.

Rosedi mengatakan, program tol udara memungkin pesawat untuk terbang secara langsung tanpa harus banyak berbelok. Dimana selama ini, pesawat yang mengudara kerap menerapkan jalur zigzag ke rute tujuan.

BACA JUGA: DPR akan Bentuk Panja RUU Perkawinan

“Rute Jakarta-Makassar dan sebaliknya menjadi salah satu rute pertama yang akan menerapkan program udara. Kami pun sudah siap untuk merealisasikan program tersebut,” kata dia dikutip laman Kompascom.

Saat ini, selain persiapan SDM dan peralatan, sosialisasi ke maskapai penerbangan sedang berlangsung. Tol udara ini sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi, salah satunya untuk meratakan ekonomi serta membuka aksesibilitas daerah terpencil dan terluar sehingga perekonomian bisa bergerak, tambah dia.

Bila program tol udara pada enam rute berhasil, masih kata Rosedi, maka dalam dua tahun mendatang ditargetkan sudah bisa direalisasikan di seluruh wilayah Indonesia. Penerapan tol udara ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk menurunkan harga tiket pesawat.

“Keuntungan dari tol udara adalah jarak tempuh pasti lebih pendek dan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Itulah tujuan yang ingin kami laksanakan, bagaimana membantu pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat," demikian Rosedi. (GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek