Ekonomi
Selasa 23 Januari 2024 17:06
Agus Muslim, Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Banten. (FOTO: BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kurang dari sebulan lagi digelar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan pendistribusian logistik selain pelaksanaan kampanye.

Komisioner KPU Banten Agus Muslim, menjelaskan, logistik tersebut tengah berada dalam gudang-gudang utama atau gudang besar. Selain itu, KPU Banten juga telah melakukan pemetaan perdapil sesuai dengan DPT dan TPS yang ada di masing-masing kecamatan.

"Hari ini juga tengah dilakukan persiapan kaitan dengan pendukung logistik. Misalkan pengadaan persiapan pembuatan TPS, ada 33.324 ribu TPS se-Banten," terang Agus kepada BantenExpres usai Bimtek PTPS di Kota Tangerang, Senin (22/01) malam.

Menurutnya, pendistribusian logistik di wilayah Banten masih memiliki cukup waktu sebelum hari H. Pihaknya juga tengah mempersiapkan pendistribusian formulir-formulir untuk di setiap TPS.

"Alhamdulillah masih cukup waktu, walaupun surat suara atau logistik lainnya sampai ke titik itu menjelang satu hari pencoblosan," ujarnya.

Kata dia, KPU Banten melibatkan berbagai pihak terutama dengan pihak pengamanan, yakni Kepolisian dan TNI dalam rangka mengawal logistik agar sampai ke titik tujuan.

Pasalnya, wilayah Banten memiliki geografis yang berbeda-beda, dari pegunungan ada kepulauan. "Seperti di Pulau Panjang Kabupaten Serang. Nah itu kita koordinasi dengan TNI dan Kepolisian kaitan dengan pengamanan, dan menurut kami itu perlu perhatian khusus supaya pengawalan logistik ini terjaga dengan baik," Agus menuturkan.

Target pemilih di Banten

Pada Pemilu 2019 yang lalu partisipasi pemilih di Tanah Jawara Banten mencapai hingga 81 persen lebih dari DPT 8.517.336 suara, sementara DPT pada Pemilu 2024 ini sebanyak 8.842.646 suara.

KPU Banten pun menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini meningkat. Untuk mencapai perolehan itu KPU Banten menggenjot dengan berbagai kegiatan yang melibutkan unsur masyarakat.

"Sosialisasi kemudian partisipasi dari stakeholder yang ada, pemerintah daerah, LSM, Ormas, mahasiswa dan sebagainya yang terlibat disana," ungkap Agus.

Selain itu, lanjut Agus, KPU Banten juga menyampaikan pesan-pesan Pemilu melalui media film (visual)  untuk menarik dan mengedukasi Pemilu 2024 bisa tersampaikan kepada publik dengan baik.

"Pemahaman kognitif, sehingga pemahaman demokrasinya itu bisa betul-betul terinternalisasi. Apalagi di Banten ini pemilih pemula atau Gen-Z luar biasa, hampir 60 persen. Gen-Z ini mendominasi," bebernya seraya menambahkan pemilih di pemilu 2024 sangat antusias ketimbang pemilu 2019.

Kendati demikian, pihaknya selalu memberikan saran kepada para generasi bangsa [Gen-Z] tersebut untuk menjadi pemilih yang cerdas.

"Pemilih yang cerdas itu tidak hanya memilih pada yang mereka lihat, tetapi juga harus mentracking siapa calon yang akan dipilih dan bisa dipertanggungjawabkan atas pilihannya," kata dia menegaskan.

"Ya target kita partisipasi pemilih di Banten ini bisa mencapai 85 persen keatas lah, pokoknya meningkat dari pemilu 2019 yang lalu," demikian Agus Muslim.

(ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek