Ekonomi
Kamis 08 Agustus 2019 23:06
Bupati Serang Tatu Chasanah meletakan batu pertama perbaikan RTLH, Kamis (08/08). (FOTO: Istimewa)
\"Share

SERANG – Bupati Serang terus berkomitmen melayani masyarakat, salah satunya memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH-Rutilahu) yang masih banyak di Kabupaten Serang. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Serang akan memperbaiki 822 RTLH dengan anggaran Rp.16,4 miliar.

Menurut Bupati Tatu Chasanah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menurun, hanya untuk perbaikan empat RTLH. Sementara dari pemerintah pusat melalui APBN, bantuan untuk perbaikan RTLH di Kabupaten Serang bisa mencapai 400 rumah per tahun.

“Tentunya kami meminta dukungannya kepada masyarakat agar permasalahan RTLH di Kabupaten Serang bisa diselesaikan dengan baik. Saat ini kami juga berikhtiar agar dari APBN bisa lebih tinggi lagi, bisa menyelesaikan 700 RTLH,” kata Tatu usai peletakan batu pertama perbaikan RTLH di Desa Sukaindah, Kecamatan Baros, Kamis (08/08).

Pemkab Serang sejak tahun 2016 hingga 2018, dari berbagai sumber anggaran pemerintah, infak dan swasta, di Kabupaten Serang telah diperbaiki sebanyak 2.846 RTLH. Dengan perincian, 247 rumah pada 2016, 1.288 rumah pada 2017, dan 1.311 rumah pada 2018.

Sumber anggaran perbaikan RTLH berasal dari APBN, APBD Banten, APBD Kabupaten Serang, infak ASN, dan corporate social responsibility (CSR) atau dana sosial perusahaan. Untuk infak ASN, dihimpun oleh Baznas Kabupaten Serang, dan dalam proses realisasi perbaikan RTLH melibatkan TNI dari Kodim 06/02 Serang, dan bergotong royong dengan masyarakat.

“Jika program tahun ini selesai, akan tersisa sekitar 7.000 RTLH. Ini tugas yang luar biasa,” ujar Tatu dalam siaran pers-nya.

Terkait bantuan dari Pemprov Banten yang hanya untuk memperbaiki 4 RTLH, Tatu membenarkan. Sementara Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, mendapatkan bantuan dari Pemprov hingga lebih dari 30 RTLH.

Bahkan Kota Serang yang hanya enam kecamatan, mendapatkan bantuan lima perbaikan RTLH. “Kami berharap, bantuan disesuaikan dengan jumlah RTLH yang memang masih banyak di Kabupaten Serang,” tambah politikus partai Golkar ini. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek