Ekonomi
Selasa 25 Agustus 2020 22:46
Pemkab Serang dalam giat Bimtek pemanfaatan teknologi. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus meningkatkan profesionalisme kinerja sumber daya manusia (SDM) bagi para aparatur sipil negara (ASN) dalam pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Hal itu guna mewujudkan pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik yang efektif dan efisien dalam menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Agar penerapan SPBE atau e-Government mencapai tujuan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE baik di pusat maupun di daerah,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri.

Evaluasi SPBE, kata Entus, merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi pusat maupun daerah untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan. 

BACA JUGA: Bendungan Pamarayan Akan Dijadikan Destinasi Wisata Unggulan

“Evaluasi SPBE harus dapat dilaksanakan secara optimal oleh Pemkab Serang, maka itu memerlukan sinergitas antara OPD-OPD sebagai evaluator  internal seperti Bappeda Bagian Organisasi, Inspektorat dan Diskominfosatik agar berjalan dengan baik,” harapnya.

Kata dia, SPBE memberikan peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif dan akuntabel dalam pelayanan kepada masyarakat secara luas. 

Melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik bisa menekan penyalahgunaan kewenangan. “Penyalahgunaan baik bentuk kolusi, korupsi dan nepotisme,” cetus Entus pada kegiatan Bimtek dengan para ASN, di Serang, Selasa (25/08).

Pihaknya juga mengajak pada masa pandemi Covid-19 ini agar dijadikan momentum melakukan percepatan transformasi digital seperti yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, salah satunya persiapan sumber daya manusia dibidang teknologi. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek