Ekonomi
Senin 13 Juli 2020 08:37
Masjid Raya Al-Bantani menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Banten. (FOTO: NET-Istimewa)
\"Share

SERANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Banten, berharap agar Masjid Raya Al-Bantani menjadi ikon atau masjid percontohan bagi masjid-masjid agung yang berada di kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Banten Toton Suriawinata saat melantika pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Bantani, periode masa bhakti 2020/2023.

Untuk itu, Toton berharap kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Bantani yang baru dapat lebih memakmurkan Masjid Al-Bantani sehingga dapat harapannya menjadikan masjid tersebut ikon percontohan dan rujukan terutama bagi masijd Agung yang berada di kabupaten dan kota di Banten dapat terwujud.

"Selama ini Masjid raya Al-Bantani belum menjadi ikon. kami berharap ke depan masjid tersebut bisa menjadi masjid rujukan. Selain itu juga sarana prasaran di Masjid Al-Bantani belum memenuhi kriteria sebagai masjid raya sehingga ke depan harus bisa dipenuhi," kata Toton dalam keteranganya di Serang, akhir pekan kemarin.

BACA JUGA: Gubernur Banten Ajak Bupati Walikota Perkuat Ketahanan Pangan

Ia menuturkan, DKM Al-Bantani merupakan mitra tentunya berharap Masjid Raya Al-Bantani memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, dan kemudian kegiatan yang sudah digariskan harus memenuhi sarana prasarana, selama ini belum ada seperti klinik dan ambulans. Kedepan, agar segera dilengkapi sarana prasana.

"Pemanfaatan masjid juga tidak hanya untuk ibadah tetapi sebagai pusat pendidikan bisa juga wisata religi. Salah satunya adanya perpusatakaan yang memadai agar masyarakat yang datang ke Banten mereka bisa wisata religi di Masjid tersebut," demikian Toton.

Sekedar informasi, Masjid Raya Al-Bantani merupakan masjid raya bagi Provinsi Banten, ketika pembangunan selesai, masjid ini menjadi masjid terbesar dan termegah di tanah jawara Banten.

Masjid Raya Al-Bantani terletak di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Jalan Raya Palima, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

Diresmikan oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Senin 4 Oktober 2010. Pembagunan masjid ini diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp94,3 miliar. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek