Politik
Selasa 22 Juli 2020 22:47
Webinar Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIS Tangerang, Selasa (21/07). (FOTO: Tangkapan Layar)
\"Share

TANGERANG - Pemuda merupakan garda pertama dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Hal sederhana yang bisa dilakukan pemuda adalah memanfaatkan alat komunikasi (teknologi), seperti pemanfaatan media sosial.

Hal itu disampaikan Dosen FISIP UNIS Tangerang Linawati, pada seminar online dengan tema “Peran Pemuda dalam Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di masa Pandemi Covid-19”, Selasa (22/7/2020).

Seminar diselenggarakan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIS Tangerang bersama KNPI Provinsi Banten.

“Video tik tok yang menarik justru terdapat pesan-pesan yang efektif yang menimbulkan feedback, atau timbal balik di masyarakat,” ujar Linawati.

Pemuda saat ini bertanggung jawab melakukan perubahan paradigma di masyarakat yang berkaitan dengan adaptasi kebiasaan baru, sambung dia.

Hal yang sederhana lagi, lanjut dia,  seperti dirumah dengan menerapkan protokol kesehatan dimulai dengan mencontohkan pada keluarga.

BACA JUGA: 'Pulau' di Kota Tangerang Ini Disulap Menjadi Lokasi Ketahanan Pangan

“Saat ini masyarakat dituntut cepat untuk merubah gaya hidup dan tidak menyepelekan Covid-19, dan peran pemuda teramat penting dalam tangung jawab sebagai agent of change, moral force dan social control,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KNPI Banten Hidayatullah mengatakan, pemuda harus tetap eksis di tengah pandemi Covid-19.

“Jangan sampai dengan adanya Covid-19 eksistensi nya menurun dah bahkan vakum,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Bung Dayat itu menilai situasi ini sangat gawat dan berbahaya jika pemuda larut dan terperdaya oleh Covid-19.

“Pemuda harus terus bergerak. Jangan diam. Banyak yang dilakukan oleh pemuda untuk menghadapi situasi Covid-19. Antara lain berbagi kepedulian sosial, dengan bebagi sembako, alat kesehatan, dan yang terpenting pemuda harus berperan aktif mengawal dan mengontrol serta membantu pemerintah dlm mengatasi masalah ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Komisi II Minta Polisi Usut Hilangnya Dana Bansos PKH

Ia mengajak pemuda mengawal program penanganan Covid-19 oleh pemerintah  agar anggarannya yang tidak penting alokaskan buat pendidikan dan kesehatan.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP Unis Tangerang  Yusmedi dan dipandu moderator Nina, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIS.

Tema tersebut merupakan tema yang sangat menarik pada kondisi pandemik, seminar online ini merupakan bentuk PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) sebagai tanggung jawab perguruan tinggi dan organisasi yang berada dimasyarakat.

Webinar yang pesertanya terdiri dari mahasiswa, pemuda serta elemen masyarakat mengkaji tentang penting sebuah sosialisasi adaptasi kebiasaan baru yang merupakan tanggung jawab pemuda. (EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek