Politik
Selasa 06 Februari 2024 15:47
Mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief Wismansyah merapikan topinya dalam suatu kesempatan. (FOTO: dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Komunikolog Politik dan Hukum Nasional, Tamil Selvan menilai mantan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah tidak memiliki warna partai politik dominan. Namun demikian, Arief mampu menghadirkan kepuasan publik yang cukup baik.

"Berbeda dengan Airin di Tangsel, Zaki di Kabupaten Tangerang ini kan jelas berwarna. Kalau seseorang itu dalam politik berwarna artinya ada unsur pendukung," kata Tamil dalam kesempatan kepada BantenExpres.

Hal tersebut disampaikan Tamil dalam melihat peluang Arief Wismansyah untuk maju mengikuti kontestasi pilkada serentak pada Pilgub Banten 2024 mendatang.

Tamil melanjutkan, meski Arief Wismansyah tidak memiliki unsur pendukung (baca-partai politik) yang dominan, dalam konteks tidak berwarna pun nyatanya Arief mampu menghadirkan itu.

"Maka saya kira, dalam konteks besok dia maju ke Pilgub Banten, Arief memiliki satu modal yang cukup besar," ucap dosen Universitas Dian Nusantara ini.

Selain modal itu, Arief Wismansyah juga dinilai telah memiliki kemampuan politiknya yang sudah teruji.

"Arief teruji saya kira. Kenapa, Arief Wismansyah bukan seorang kader parpol yang menonjol manapun, tapi dia mampu mengelaborasi seluruh partai politik sehingga periode kedua dia melawan kotak kosong," papar Tamil.

Hal tersebut, sambung dia, adalah kemumpunian seorang Arief Wismansyah dalam merangkul seluruh kekuatan partai politik yang ada.

"Jadi saya kira, kalau bicara besok dalam konteks Pilgub Banten, saya tidak mengatakan si A lebih jago dari si B, si B lebih hebat dari si A. Tapi bicara Arief Wismansyah--pantas dan cocok untuk maju dalam kontestasi Pilgub Banten," kata dia.

Menurutnya lagi, meski Arief tidak dominan warna partai politiknya akan tetapi itu suatu kelebihan yang dimiliki mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief Wismansyah ini.

"Ketika dia tidak dominan dalam satu partai politik, dia bisa masuk kemana saja dan semua partai politik akan melihat figur netral," tegas Tamil menutup.

Berulang kali Arief Wismansyah menyatakan tidak berminat mengikuti Pilgub Banten, meski publik hari ini melihat betapa massif baliho dukungan kepadanya yang tersebar hingga ke Banten selatan tidak hanya di Tangerang Raya.

Diketahui pula Arief Wismansyah tidak mengikuti Pileg 2024 berbeda dengan Airin Rachmi Diany dan Zaki Iskandar yang maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR-RI.

(ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek