Lapsus
Jumat 31 Mei 2019 22:51
Timun suri seakan buah wajib di bulan puasa. Hanya dijumpai selama ramadan. (FOTO: BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Bulan ramadan adalah bulan yang istimewa, bukan untuk masyarakat [ummat] yang beragama muslim saja namun juga semua orang yang beragama lain merasakan sesuatu yang spesial. Meskipun hanya setahun sekali, bulan ini selalu dirindukan oleh banyak orang. Tak sedikit orang yang akan bersedih ketika bulan ramadan akan berakhir.

Ramadan adalah bulan yang akan selalu dirindukan dan dinantikan. Selain berpuasa, ada beberapa hal yang akan seterusnya diingat dan ingin cepat-cepat kembali ke bulan suci ini.

1. Iklan Minuman atau Sirup
Belum lengkap jika iklan sirup belum muncul di televisi. Bahkan iklan ini sudah tayang lebih dulu sebelum puasa ramadan dimulai dan lebaran sebelum idul fitri tiba. Iklan ini akan tayang disiang hari, membuat meleleh lidah kita karena sirup terasa segar betul menggoda.

2. Bukber
Sejak minggu pertama hingga pertengahan, ajakan bukber datang dari mana saja. Mulai dari teman SD hingga perguruan tinggi, teman kerja, komunitas, dan lain-lain. Terkadang acara ini lebih banyak "mengobrol" dan "menggosip" daripada berbuka puasa dan ibadahnya.

3. Jajanan dan Gorengan
Pada bulan puasa, kita akan cenderung lapar mata dan membeli macam-macam makanan. Gorengan, Es/Minuman dan jajanan selalu menjadi incaran, padahal tidak semua gorengan yang dijual itu sehat dan baik untuk kesehatan. Alhasil setelah beberapa hari puasa, dokter atau klinik penuh dengan orang-orang yang mengeluh sakit tenggorokan.

4. Berbagi Takjil
Tak sedikit orang-orang yang membagikan takjil dan makanan berbuka gratis di jalanan, mulai dari Komunitas sampai kantoran. Dengan cara membagikan langsung di jalanan, tak jarang hal ini membuat jalan menjadi macet karena antrian ini. Yang terpenting semuanya senang! Takjil biasa juga berbagai macam makanan ringan, kolak biji salak atau kolak pisang biasanya menjadi ciri khas dari takjil.

5. Anak-anak keliling bangunkan Sahur
Meski sama-sama waktu berpuasa, puasa ramadan berbeda dengan puasa senin-kamis. Anak-anak kecil dari tetangga sekitar akan membangunkan sahur dengan cara memukul kentongan, ember, tiang, dan teriakan. Meski terkadang menjengkelkan, tapi kurang afdhol jika tidak ada ini ketika sahur.

6. Menonton Kultum atau Adzan Maghrib di TV
Acara kerohanian ini biasanya tayang di televisi sekitar 10-15 menit sebelum azan magrib. Setiap anggota keluarga akan duduk manis menyaksikan kultum sambil menunggu datangnya waktu berbuka. Sesekali memutar televise mencari kumandang azdan yang seru.

7. Menunggu THR dan Berburu Pakaian Baru

Paling ditunggu oleh semua orang yakni THR alias Tunjangan Hari Hari. Betapa membahagiakan dan membuat semua orang senang mendapatkan THR menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran seusai melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, THR selain untuk keperluan tadi, juga untuk mudik alias pulang ke kampung halaman masing-masing dan yang tak kalah serunya berburu pakaian baru. Seusai mendapatkan THR banyak yang berbelanja untuk kebutuhan lebaran, biasanya juga di hari-hari terakhir puasa, sehingga ini pun membuat masjid-masjid lengang tapi pusat-pusat perbelanjaan ramai luar biasa, heuhee…

8. Timun Suri

Buah berwarna kuning putih ini biasanya hanya bisa dijumpai dalam bulan puasa saja. Entah mengapa jarang sekarali bulan-bulan lainnya tak nampak timun suri ini, sekan buah wajib hanya muncul pada bulan ramadan saja. Kehadiranya sudah pasti dinanti para penikmat buah-buah segar untuk dicampurkan dengn es dan sirup manis hingga menjadi salah satu menu andalan buka puasa. Timun suri menjamur di bebagai daerah dan mudah ditemui dipinggir jalan selama bulan puasa.

9. Santuni Yatim

Tak kalah dengan ragam serta pernik ramadan diatas. Bulan yang penuh berkah ini pun oleh sebagain ummat Islam juga lainnya diisi untuk beramal sodakoh, berbagai kepada sesama. Seperti menyantuni fakir miskin dan anak-anak yatim piatu. Seakan moment [bulan ramdan] ini semakin amat sakral-menjadi ladang amal untuk ibadah bagi semua insan.

Kamu-kamu yang paling disenangi atau yang dirindukan selama bulan puasa ramadan ini apa? THR-kah, timun suri-kah, bukbernya-kah? atau ada menu atau moment-moment lainnya yang amat berharga selama bulan yang penuh dengan ladang ibadah ini. So… Apapun makanan dan eventnya selama bulan puasa ini yang pasti semua bergembira dengan suka cita. Dan, semoga kita semua mendapatkan keberkahan serta keridhoan Allah SWT dalam menjalakan ibadah puasa ini. Amin…

Diolah berbagai Sumber

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek