Pendidikan
Selasa 26 September 2023 14:42
Fakultas Hukum UMT membuat terobosan dengan membangun ruang sidang semu MK berbasis Virtual Reality. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui tim penelitian dan pengabdian aktivitas pembangunan metaverse sosialisasikan Ruang Sidang Semu Mahkamah Konstitusi (MK) berbasis realitas virtual atau Virtual Reality (VR), di Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Anggota tim peneliti dan pengabdian aktivitas pembangunan metaverse UMM, Nur Putri Hidayah, mengungkapkan bahwa penemuan terobosan tersebut merupakan terobosan pertama yang ada di Indonesia dalam melangsungkan persidangan.

"Hingga saat ini ruang sidang semu Mahkamah Konstitusi (MK) ini pertama yang ada di Indonesia, belum ada (hal serupa) bahkan pada peradilan umum," kata Nur Putri dalam keterangannya, Selasa (26/09).

Dibuatnya ruang peradilan semu berbasis realitas virtual ini untuk menjawab kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi hukum untuk membuat ruang sidang semu MK.

"Nah aktifitas penelitian ini sendiri dilatar belakangi oleh fakta bahwa di pendidikan tinggi hukum itu ternyata belum ada (Perguruan Tinggi) yang memiliki ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK)," ujar dia.

"Dan itu sangat bisa dipahami karena tidak mudah untuk mengadakan sebuah ruang disertai dengan sarana yang ada didalamnya seperti itu," sambungnya menegaskan.

Terpisah, Dekan FH UMT Dwi Nur Fauziah Ahmad, mengapresiasi terobosan baru dalam praktik hukum acara konstitusi tersebut dan berharap kedepannya dapat lebih bersinergi untuk implementasikan tridharma perguruan tinggi.

"Dan ini pertama kalinya setelah diluncurkan oleh FH UMM, Laboratorium pengadilan metaverse ini pertama kalinya Fakultas Hukum UMT yang mencoba bersama Dosen dan Mahasiswa dalam pengadilan (MK) metaverse," jelas Dwi.

(MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek