Hukum_Kriminal
Selasa 25 Agustus 2020 10:23
Ilustrasi - Kartu Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Republik Indonesia. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

TANGERANG – Diketahui Kepolisian Resort Metro Tangerang Kota melalui Reskrimsus telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan atau SP2HP Ke-2, tertanggal 8 Agustus 2020 kepada Koordinator LSM GARUK KKN, Ricardo Kurniawan di Tangerang.

SP2HP tersebut dikeluarkan sebagai pemberitahuan kepada GARUK KKN sebagai pelapor, bahwa hingga saat ini masih dalam proses pengumpulan bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Terkait dugaan manipulasi saldo rekening BNI milik warga penerima bantuan sosial program keluarga harapan (Bansos PKH), atas penyalahgunaan wewenang yang diberikan oleh Kemensos pusat kepada TKSK Kecamatan, khususnya Kecamatan Periuk Kota Tangerang masih dalam proses penyelidikan.

BACA JUGA: Politisi PDIP: Orang-Orang yang Manipulasi Bansos Harus Dipenjarakan

Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan penyidik/penyelidik yang tertera dalam SP2HP hingga saat ini telah melakukan interogasi dan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait, diantaranya warga [korban] penerima manfaat PKH dan Ketua PKH tingkat Kelurahan.

Pada point SP2HP selanjutnya, rencana tindak lanjut penyelidikan yakni penyidik berupaya mendapatkan keterangan dari TKSK tingkat Kecamatan dan dari pihak Bank BNI cabang Tangerang.

“Kita akan kawal terus proses hukum ini. Kami juga sedang investigasi dan mengumpulkan bahan karena kami duga tidak hanya terjadi disatu wilayah saja. Kami akan sisir perkecamatan," ujar Ricardo kepada BantenExpres di Tangerang, Senin (24/08).

Seperti diberitakan, LSM GARUK KKN melaporkan dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada program keluarga harapan (PKH) diwilayah Kota Tangerang ke Polres Metro Tangerang Kota. (EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek